Sukses

Health

7 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah mengalami mata ikan di telapak kaki? Kondisi ini menyebabkan seseorang susah jalan. Mata ikan memiliki bentuk yang bulat, keras, kecil dan seperti kapalan.

Bagian telapak kaki yang memiliki mata ikan akan terasa sangat nyeri, karena infeksi dan luka dari mata ikan itu. Penyebab mata ikan adalah karena telapak kaki terkena gesekan dan tekanan berulang. Sehingga akan membuat penebalan pada area kulit dan membentuk mata ikan.

Sebenarnya mata ikan tak hanya tumbuh di kaki saja. Mata ikan juga bisa tumbuh di telapak tangan. Walaupun kondisi ini bukanlah penyakit serius, tetapi harus cepat disembuhkan. Cara menghilangkan mata ikan bisa menggunakan bahan alami. Simak caranya berikut ini:

Cara Menghilangkan Mata Ikan

1. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Cara menghilangkan mata ikan yang pertama, yaitu dengan merendam kaki selama 5 hingga 10 menit. Pastikan Sahabat Fimela menggunakan air yang hangat. Air hangat mampu melunakkan mata ikan di bagian kaki, dan mengurangi rasa nyeri serti membuat kaki lebih rileks.

2. Gunakan Batu Apung

Setelah menggunakan air hangat, kamu bisa menggosok lembut area telapak kaki yang terkena mata ikan menggunakan batu apung. Cara ini bisa dilakukan secara rutin, agar telapak ikan segera ilang. Usahakan tidak menggunakan benda tajam untuk menggosok mata ikan.

3. Rendam dengan Garam Epsom

Tak hanya merendam dengan air hangat saja. Garam epsom bisa ditambahkan ke dalam rendaman air hangat, untuk melunakkan sel kulit mati pada mata ikan. Kamu bisa menggunakan kuran lebih 2 hingga 3 sendok makan garam epsom dan lakukan secara rutin.

Cara Menghilangkan Mata Ikan yang Selanjutnya

4. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Cuka apel mampu menghilangkan mata ikan karena memiliki kandungan senyawa asam gallic, katekin, pektin, asam folat, biotin, kalium, dan fosfor. Bahkan cuka apel juga mengandung berbagai macam vitamin, yang bisa melembutkan kulit yang terinfeksi mata ikan. Rendamlah kaki yang terkena mata ikan dengan air hangat yang sudah dicampur cuka apel selama 25 menit. Jika sudah di rendam, bersihkan kaki dan tutup luka menggunakan perban yang sudah diberi cuka apel.

5. Kompres dengan Es Batu

Gunakan kompres es batu untuk menghilangkan mata ikan. Es batu bisa meredakan rasa nyeri dan bengkak akibat mata ikan. Cara menghilangkan mata ikan dengan es batu adalah dengan memasukkan es batu ke dalam plastik atau kain, lalu kompres di area yang terkena mata ikan selama 10 hingga 20 menit.

Cara Menghilangkan Mata Ikan yang Terakhir

6. Gunakan Buah Pepaya

Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, buah pepaya juga bisa membantu menghilangkan mata ikan. Di dalam buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Sahabat Fimela bisa mengguankan setengah sendok teh jus pepaya mentah, lalu oleskan ke area mata ikan dengan kapas.

7. Air Perasan Lemon

Cara untuk menghilangkan mata ikan yang terakhir, yaitu menggunakan air perasan lemon. Air perasan lemon memang sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan akibat infeksi. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu lumuri area telapak yang terkena mata ikan dengan air perasan lemon. Setelah itu gosok lembut menggunakan batu apung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading