Sukses

Health

Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag dan GERD Menurut Ahli Gizi

Fimela.com, Jakarta Maag adalah istilah untuk menggambarkan rasa sakit dan tidak nyaman pada pencernaan, sedangkan GERD adalah kondisi asam lambung yang naik ke kerongkongan hingga mulut. Keduanya sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik.

Maag dan GERD tidak boleh disepelekan dan dibiarkan, perlu penanganan yang tepat. Ahli Gizi Putri Miftakhul Jannah menuturkan, asupan buah dan sayur bagi penderita maag dan GERD perlu diperhatikan sebab ada beberapa buah dan sayur yang tidak aman dikonsumsi. Selain tidak nyaman di lambung, mengonsumsinya justru bisa memperparah sakit.

Selama sakit kambuh, jangan mengonsumsi dulu buah dan sayuran pantangan bagi penderita maag dan GERD yang disebutkan di bawah ini. Buah dan sayur ini bisa dikonsumsi kembali saat sakit sudah sembuh. Apa saja buah dan sayur yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi?

Jangan Makan Sayuran Ini

Saat maag dan GERD kambuh, hindari dulu beberapa sayuran, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran ini mengandung fermentable fibre yang bisa menimbulkan gas di perut dan membuat perut kembung. Makan sayuran ini saat sakit sedang kambuh akan membuat pencernaan yang sedang sakit menjadi semakin tidak nyaman.

Ganti dengan Sayuran Ini

Selama sakit kambuh, ganti menu makanan dengan sayuran yang lebih aman dikonsumsi, misalnya wortel, lobak, labu siam, terong, dan timun. Sayuran ini tidak banyak menimbulkan gas di perut. Perut tidak kembung dan makanan lebih mudah dicerna. Makanan yang minim timbulkan gas akan membuat saluran pencernaan yang sedang sakit tetap terasa nyaman.

Jangan Makan Buah Ini

Buah asam, seperti jeruk, lemon, nanas, tomat, dan stroberi tidak aman bagi penderita maag dan GERD. Hindari konsumsi buah ini saat sakit sedang kambuh. Buah asam akan memicu produksi asam lambung yang bisa memperparah sakit. Apabila terdapat luka di lambung, konsumsi buah ini akan menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman di lambung yang semakin memburuk.

Ganti dengan Buah Ini

Buah yang aman bagi penderita maag dan GERD adalah buah yang rasanya lebih netral dan tidak asam, contohnya buah naga, melon, semangka, dan pisang. Buah ini aman dikonsumsi baik saat sehat maupun saat sakit kambuh. Bagi penderita maag dan GERD, pastikan untuk mengunyah makanan sampai teksturnya halus sebelum menelannya.

Sekian, semoga informasi tadi bisa bermanfaat. Terus jaga kesehatan dengan asupan gizi yang seimbang dan patuhi larangan konsumsi buah dan sayur bagi penderita maag dan GERD.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading