Sukses

Health

Jangan Takut Makan Nanas saat Menstruasi, Ini Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Selama ini, kita cukup banyak mendengar mitos di luaran sana yang beranggapan jika saat menstruasi perempuan sebaiknya menghindari makan nanas. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Baik saat menstruasi atau tidak, nanas memang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Memang belum banyak penelitian mengenai konsumsi nanas yang berefek secara langsung pada perempuan saat menstruasi. Namun, jika dilihat dari kandungan nutrisinya, konsumsi nanas dalam jumlah yang cukup saat menstruasi ternyata baik bagi kesehatan. Ini dia manfaatnya.

Meredakan Kram Menstruasi

Kandungan bromelain pada nanas bersifat anti-inflamasi yang bisa meredakan kram, merelaksasi otot, dan mengurangi rasa sakit. Antioksidannya bisa melawan berbagai penyakit dan mengurangi nyeri akibat peradangan. Mineralnya bisa mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat nyeri menstruasi.

Melancarkan Menstruasi

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas bisa memperlambat penyumbatan darah, mencegah pembekuan darah, dan melancarkan aliran darah. Dengan kata lain, konsumsi nanas bisa melancarkan menstruasi. Menstruasi yang tidak teratur akibat peradagan juga bisa teratasi dengan konsumsi nanas.

Jangan Makan Berlebihan

Cita rasa manis dan sedikit asam pada nanas membuatnya segar saat dikonsumsi. Tetapi jangan mengonsumsinya dalam jumlah berlebih karena kandungan bromelain jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping, seperti rasa mual, muntah, dan diare. Resiko terjadinya pendarahan juga bisa meningkat, sehingga darah menstruasi akan keluar lebih banyak dari biasanya. Untuk itu, konsumsi nanas dengan cukup dan dalam batas yang sewajarnya saja.

Itu dia manfaat mengonsumsi nanas saat menstruasi. Ternyata larangan makan nanas saat menstruasi selama ini cuma mitos. Mulai sekarang jangan takut lagi, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

Loading