Sukses

Health

Fakta Tentang Rambut Rontok saat Menstruasi yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan, menyisir rambut saat menstruasi kerap menjadi kegiatan yang merisaukan. Sebab, rambut berada dalam fase rontok yang lebih cepat dari biasanya. Sadarkah jika saat menstruasi frekuensi rambut rontok akan semakin bertambah? Mengapa demikian? Rambut rontok saat menstruasi bisa dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

1. Meningkatnya Produksi Minyak di Rambut

Saat menstruasi, tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Tidak hanya di wajah saja, tetapi juga di rambut. Minyak berlebih bisa menimbulkan masalah kulit. Jika minyak berlebih di wajah meyebabkan pori-pori tersumbat yang membuat wajah rentan berjerawat, minyak berlebih di rambut menyebabkan folikel rambut tersumbat, sehingga rambut baru sulit tumbuh. Inilah yang akhirnya menyebabkan rambut mudah rontok.

Larangan mencuci rambut saat sedang menstruasi hanyalah mitos belaka. Saat menstruasi, rambut mudah berminyak dan mudah rontok. Untuk menjaga kebersihan rambut, mencuci rambut satu sampai dua hari sekali sangat dianjurkan.

2. Anemia Defisiensi Besi

Saat menstruasi, apalagi saat deras-derasnya, kadar zat besi dalam tubuh rendah. Rendahnya kadar zat besi ini membuat oksigen menjadi sulit untuk diangkut ke sel-sel yang membantu pertumbuhan dan perbaikan tubuh, termasuk sel-sel yang membantu pertumbuhan rambut. Inilah yang membuat pertumbuhan rambut terganggu, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Untuk itu, selama menstruasi, konsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi, seperti bayam, daging sapi, brokoli, dll. Konsumsi juga makanan sumber vitamin C yang penting bagi penguatan struktur rambut, seperti jeruk, stroberi, tomat, dll.

Nah, sekarang sudah paham kan, kenapa rambut mudah rontok saat menstruasi? Jangan lupa untuk menjaga kesehatan rambut dan mengonsumsi makanan yang baik bagi pertumbuhan rambut saat menstruasi, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

What's On Fimela
Loading