Sukses

Health

5 Penyebab Badan Pada Sakit Semua yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami badan terasa sangat sakit semua? Hal ini mungkin pernah kamu alami karena beberapa alasan atau setelah melakukan banyak kegiatan disepanjang hari. Badan yang terasa sangat pegal maupun sakit tentu dapat diatasi dengan pijat atau menggunakan beberapa salep.

Rasa sakit yang dihasilkan pada seluruh tubuh ternyata dapat menandakan adanya tanda infeksi yang dialami seperti influenza maupun pilek. Selain itu terkadang badan yang terasa sangat sakit dapat menandakan beberapa gejala lain yang menyertainya, seperti batuk maupun demam.

Badan yang terasa pegal maupun sakit tentu dapat membuat seseorang tak nyaman dan ingin istirahat, berikut beberapa penyebab badan terasa sangat sakit semua yang bikin tak nyaman saat beraktivitas:

1. Infeksi Virus

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi dan membuat badan terasa sangat sakit semua adalah infeksi virus, rasa skait pada tubuh ternyata dapat menandakan adanya virus seperti influenza maupun pilek yang mendasarinya. Selain itu untuk mengatasi masalah satu ini kamu perlu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

2. Kelelahan

Tentu saat menjalani aktivitas sepanjang hari, akan membuat tubuh cepat merasakan lelah dari biasanya. Lelah yang berkepanjangan ternyata dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun, selain itu lelah dapat membuat seseorang merasa lemas untuk melakukan aktivitas.

3. Stres

Tahukah kamu? Bahwa stress sendiri dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun? Tak hanya kelelahan ternyata stress juga dapat memberikan dampak negatif pada tubuh, selain itu hal ini dapat membuat seseorang mudah sakit karena tubuh rentan untuk menghadapi virus atau infeksi yang menyerang. Stress yang dialami juga dapat memicu ketegangan pada otot dan memunculkan nyeri otot serta sakit kepala.

4. Kurang Tidur

Kelelahan dan stress tentu dapat memberikan dampak kekurangan tidur pada seseorang, ketika kamu merasakan tidak cukup tidur maka akan sulit bagi tubuh untuk meregenerasi sel-sel pada tubuh. Hal ini juga dapat berdampak negatif pada kondisi fisik seseorang sehingga dapat memunculkan rasa lelah maupun sakit pada seluruh tubuh. 

5. Efek Samping Obat

Ternyata beberapa obat yang dikonsumsi dapat memberikan efek samping yang buruk pada tubuh, salah satu obat yang dapat memberikan efek satu ini adalah obat penurun kolesterol dari golongan statin. Oleh karena itu, jangan sampai mengkonsumsi obat sembarangan atau tidak sesuai dengan takaran.

Ada beberapa hal yang membuat tubuh tidak nyaman dan terus menerus merasakan sakit yang berkepanjang, selain itu hal ini juga dapat dipengaruhi oleh stress, kelelahan, atau kurangnya tidur. Ketika kamu mengalami beberapa gejala lain yang berkaitan dengan rasa lelah ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading