Sukses

Health

Senangnya Jadi Morning Person, Ini Dia Segudang Manfaat Bangun di Pagi Hari

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, bangun di pagi hari adalah aktivitas rutin yang biasa mereka jalani. Orang yang memiliki kebiasaan bangun di pagi hari dan langsung beraktivitas ini biasa disebut dengan morning person. 

Meski bagi beberapa orang menjadi morning person adalah hal yang sulit untuk dilakukan, rupanya kebiasaan bangun di pagi hari ini memiliki segudang manfaat, loh, Sahabat Fimela. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan bangun pagi maka kita memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan. Waktu pagi hari adalah waktu yang hening sehingga bisa membantu kita lebih fokus melaksanakan pekerjaan. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Mempertajam Konsentrasi

Manfaat bangun pagi yang adalah membantu mempertajam konsentrasi. Bangun lebih awal berarti kita punya cukup waktu untuk menyiapkan rencana aktivitas yang akan dilakukan dalam satu hari. Alhasil kita menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi ketika beraktivitas sebab tidak memikirkan kegiatan lain. 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Bangun pagi membuat kita mudah mengantuk di malam hari dan tidur lebih awal. Hal ini berarti mengurangi kemungkinan begadang di malam hari yang buruk bagi kesehatan. Tidur lebih awal dan bangun pagi mengindikasikan kualitas durasi tidur yang baik. Manfaat lainnya tubuh menjadi lebih segar saat bangun. 

Merasa Lebih Positif dan Bahagia

Bangun lebih awal di pagi hari membantu mengurangi risiko stres yang mempengaruhi kesehatan mental. Bangun pagi juga membuat suasana hati lebih bahagia dan menjernihkan pikiran kita untuk berpikir lebih positif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lansia lebih bahagia sebab mereka bangun pagi, sedangkan anak muda yang sering begadang dan bangun kesiangan memiliki suasana hati yang lebih buruk.

Agar lebih mudah bangun di pagi hari, Sahabat Fimela dianjurkan tidur lebih awal dan tidak begadang. Mengetahui banyak manfaat bangun di pagi hari semoga memotivasi untuk bangun lebih awal dan tidak kesiangan.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading