Sukses

Health

Benarkah Konsumsi Kopi Sebabkan Ukuran Payudara Mengecil? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman yang cukup digemari oleh hampir semua orang di dunia. Beberapa orang tak hanya gemar minum kopi tetapi mereka bahkan menganggap sebagai kopi salah satu minuman wajib sehari-hari. Mengutip dari laman healthline.com, kopi memberikan beberapa manfaat mengesankan untuk kesehatan selama diminum dalam porsi tepat setiap harinya. 

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi kopi juga memiliki beberapa dampak negatifnya. Kandungan kafein dan beberapa zat aktif di dalam kopi dipercaya tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang. Beberapa tahun lalu, penelitian juga menemukan jika konsumsi kopi secara rutin bisa membuat ukuran payudara mengecil.

Benarkah Kopi Mengecilkan Payudara?

Studi yang dilakukan para ahli di Universitas Lund di Swedia pada tahun 2008 menemukan jika konsumsi kopi secara rutin bisa menurunkan ukuran payudara. Para ahli menemukan jika minum kopi setidaknya 3 cangkir dalam sehari bisa mengurangi volume payudara perempuan hingga 8 persen. Para ahli dalam penelitian ini percaya jika zat aktif yang terkandung dalam kopi berpengaruh pada gen tertentu dalam tubuh. 

Dari penelitian ditemukan perempuan yang rutin konsumsi kopi setiap hari walau hanya satu cangkir, memiliki ukuran payudara lebih kecil sebanyak 17 persen daripada perempuan yang tidak konsumsi kopi. Studi lain yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer juga menyebutkan jika konsumsi kopi secara rutin sebanyak satu sampai tiga cangkir sehari akan cukup mengecilkan ukuran payudara. 

Kopi Mencegah Risiko Kanker Payudara

Tak hanya mengecilkan ukuran payudara, konsumsi kopi secara rutin juga dianggap mampu mencegah risiko kanker payudara bahkan membantu melancarkan program diet. Hanya saja, bagi penderita masalah pencernaan khususnya asam lambung, tidak disarankan untuk konsumsi kopi selama masalah kesehatan itu belum membaik. 

Walau dalam beberapa penelitian ditemukan jika kopi bisa mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara, konsumsi saja tidak cukup untuk mencegah risiko kanker secara menyeluruh. Kita tetap harus menjaga pola hidup dan kebersihan diri demi mencegah berbagai risiko penyakit termasuk risiko kanker payudara. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Minum kopi memang memiliki banyak manfaat. Tapi kita juga harus ingat, segala yang berlebihan termasuk minum kopi akan menghilangkan manfaatnya dan justru berbahaya bagi kesehatan. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading