Sukses

Lifestyle

Berhenti Minum Kopi, Ini 4 Manfaat Sehat yang Bisa Kamu Peroleh!

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang gemar minum kopi, mulai dari anak muda hingga orang tua. Bahkan saat ini coffee shop sangat mudah ditemukan. Kandungan kafein dalam kopi menjadi andalan banyak orang agar tetap terjaga. Kopi sendiri memang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan fungsi kerja otak, menurunkan risiko stres serta membantu menurunkan risiko penyakit liver, kanker dan diabetes tipe 2.

Meski terdapat banyak manfaat, namun mengonsumsi kopi juga dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah kesulitan tidur di malam hari. Terlihat sepele, tetapi hal ini dapat berujung pada kondisi yang mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik.

Mengonsumsi kopi disarankan tak lebih dari 400 miligram per hari, sebab tingginya konsumsi kopi mampu berdampak pada neurotransmitter di otak yang memicu rasa mual, gugup, kecemasan, sakit kepala dan masalah lainnya. Dilansir merdeka.com, Kamis (7/10/2021), berikut 4 manfaat sehat yang bisa Sahabat Fimela peroleh jika berhenti minum kopi.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang diketahui, walau kafein dapat meningkatkan energi seseorang, namun di sisi lain kopi juga bisa membuat seseorang terjaga. Kafein yang terkandung pada kopi dapat berada di dalam darah hingga lima jam. Mengonsumsi kopi di siang hari memang mampu membuat seseorang terjaga di malamnya. Tetapi secara tidak disadari, hal tersebut membuat waktu tidur menjadi terganggu. Jika berhenti mengonsumsi kopi, maka kamu akan dapat manfaat dengan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Manfaat lainnya jika mengurangi atau berhenti minum kopi akan membantu mengurangi noda kuning di gigi dan mempertahankan email gigi. Karena ketika kopi dikonsumsi dalam jumlah banyak, hal ini berhubungan dengan gigi menjadi kusam dan lapisan email yang menipis.

3. Meningkatkan Mood

Saat mengonsumsi kopi dalam jumlah besar biasanya akan muncul efek yang buruk. Setelah meningkatkan fokus, kemungkinan akan muncul perasaan tegang, stres, cemas hingga menurunnya konsentrasi. Kopi yang bisa menyebabkan kualitas tidur memburuk ini juga mampu mempengaruhi mood. Ketika berhenti mengonsumsi kopi, pasti kamu akan lebih tenang di siang hari.

4. Bisa Menurunkan Berat Badan

Kopi yang kamu konsumsi mungkin mengandung banyak gula dan kandungan tinggi kalori lainnya. Kombinasi tersebut dapat bermanfaat dan memberikan dampak baik dalam menurunkan bahkan menambah berat badan, sebab kopi mempengaruhi selera makan serta rasa lapar.

Tak perlu buru-buru agar bisa berhenti konsumsi kopi. Sahabat Fimela bisa mendapatkan manfaat dari berhenti minum kopi secara perlahan. Yuk, coba mulai membatasi dengan mengonsumsi hanya satu cangkir dan ganti kopi dengan alternatif lain seperti teh.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Cracked Lips dengan 3 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh dapat Menjadi Masalah yang Serius