Sukses

Health

4 Penyebab Nafsu Makan Hilang, Merupakan Tanda Stres

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin pernah memiliki permasalahan pada nafsu makan mereka, hal inilah yang membuat seseorang merasa kurang sehat atau tak nyaman saat makan. Setiap orang juga memiliki waktu maupun porsi makan yang berbeda, ada beberapa orang yang memikirkan kandungan makanan yang dikonsumsi. 

Nafsu makan yang menurun pada seseorang terkadang dapat disebabkan oleh beberapa faktor psikologis, penyakit, atau lainnya yang mendasarinya. Saat tubuh merasakan adanya tekanan yang berlebihan, tentu akan memberikan sinyal bahwa tubuh sedang dalam kondisi yang berbahaya. 

Tak hanya stres, jika seseorang merasa kekurangan vitamin B1 maka dapat menyebabkan atau mengalami penurunan nafsu makan. Nah, berikut beberapa penyebab nafsu makan menurun yang perlu kamu tahu:

1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama seseorang kehilangan nafsu makan, selain itu saat seseorang mengalami banyaknya tekanan dari percintaan, keluarga, maupun pekerjaan tentu akan merasakan stres dan kesulitan untuk konsentrasi. Stres juga merupakan salah satu pemicu yang membuat seseorang merasakan lapar, akan tetapi enggan atau malas untuk makan. 

2. Gagal Ginjal

Seseorang yang menderita gagal ginjal, mungkin akan mengalami beberapa gangguan penyarigan zat dalam tubuh. Selain itu hal ini dapat membuat produksi sel darah menjadi berkurang serta adanya tekanan darah yang cukup tinggi. Hal inilah yang dapat membuat seseorang mengalami kehilangan nafsu makan berkurang, terkadang seseorang yang menderita gagal ginjal akan merasakan mual. 

3. Masalah Tiroid

Masalah pada tiroid yang dialami oleh seseorang, seperti hipotiroidisme juga menyebebakan kehilangan nafsu makan.Tak hanya iti hal ini dapat menjadi salah satu adanya penyebab kelainan tiroid dan mempengaruhi lidah seseorang, sehingga dapat merasa kesulitan atau enggan untuk makan. 

4. Efek Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping yang berbeda, selain itu efek samping inilah yang dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan. Tak hanya kehilangan nafsu makan, seseorang dapat merasakan efek samping lainnya seperti berat badan dan tidur. 

Nah, itulah beberapa yang dapat menyebabkan seseorang memiliki nafsu makan yang menurun atau berkurang. Beberapa masalah kesehatan dapat menjadi salah satu penyebab utama seseorang kehilangan nafsu makannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading