Sukses

Health

10 Makanan Tinggi Asam Folat, Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sedang merencanakan kehamilan atau melakukan promil (program hamil)? Demi dapatkan hasil yang maksimal dari perencanaan yang kamu lakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama promil. Salah satu halnya adalah konsumsi asam folat. 

Mengutip dari laman healthline.com, asam folat adalah nutrisi yang penting dikonsumsi selama menjalankan promil dan di awal kehamilan. Asam folat berfungsi sebagai pembentukan DNA dan berperan dalam pembelahan sel. Asam folat juga berfungsi untuk menjaga kebutuhan sel darah merah dalam tubuh Mom selalu tercukupi selama kehamilan. Ini juga berperan besar dalam membentuk kantung saraf pada janin sehingga janin tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. 

Mengenai asam folat, ada beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi di dalamnya. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalankan program hamil maupun selama hamil.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Makanan pertama yang kaya akan asam folat adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain sumber asam folat yang baik, kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber serta dan protein terbaik untuk tubuh. 

Buah Pisang

Buah pisang juga merupakan sumber asam folat yang baik dikonsumsi selama program kehamilan. Buah pisang juga menjadi buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama hamil karena selain tinggi asam folat juga tinggi zat besi dan kalsium.

Telur

Telur adalah sumber asam folat yang sebaiknya juga dikosumsi selama menjalankan program kehamilan. Selain mengandung asam folat, telur juga mengandung protein, vitamin B16 dan selenium. Sebaiknya telur dikonsumsi setelah dimasak hingga benar-benar matang.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, sawi dan sejenisnya yang berdaun hijau dipercaya mengandung asam folat yang tinggi. Sayuran ini juga rendah lemak sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Buah Jeruk

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan kandungan asam folat di dalamnya. Buah jeruk juga merupakan sumber antioksidan yang penting demi menunjang kesehatan fisik secara menyeluruh.

Hati Sapi

Makanan yang mengandung asam folat tinggi berikutnya adalah hati sapi. Hati sapi juga mengandung vitamin B12, tembaga dan vitamin A yang diperlukan tubuh.

Buah Bit

Buah bit adalah makanan yang kaya akan asam folat selanjutnya. Buah bit adalah salah satu bahan makanan yang biasa digunakan untuk pewarna makanan.

Buah Pepaya

Buah pepaya adalah sumber asam folat terbaik yang bisa dikonsumsi selama program kehamilan. Buah ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh demi keberhasilan program kehamilan yang direncanakan.

Buah Alpukat

Sumber asam folat berikutnya ada buah alpukat. Selain enak, buah alpukat juga merupakan sumber nutrisi terbaik. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang creamy sehingga cocok disajikan kapan saja. 

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber asam folat yang disarankan untuk dikonsumsi selama menjalankan program kehamilan, selama hamil maupun selama menyusui. Ikan salmon juga baik diberikan ke bayi sebagai MPASI. 

Itulah beberapa makanan yang mengandung asam folat tinggi sehingga disarankan untuk dikonsumsi selama menjalankan program kehamilan maupun saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading