Sukses

Health

Penyebab Suara Bindeng dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jika sedang sakit, pasti badan jadi terasa tidak nyaman. Posisi apapun rasanya tidak enak karena badan kita sendiri sedang sakit. Begitu juga dengan suara kita. Suara kita jadi berbeda dari biasanya.

Jika sedang sakit, wajar jika kemudian suara menjadi bindeng. Bindeng atau juga disebut sebagai sengau dan dalam istilah medis disebut dengan rhinolalia adalah perubahan suara saat aliran udara di area hidung terhambat sehingga menyebabkan suara atau kata-kata yang dihasilkan menjadi tidak jelas seperti ketika seseorang menutup hidungnya saat berbicara. 

Perubahan suara ini memang bisa menghilang dengan sendirinya, apalagi jika disebabkan oleh sakit. Begitu sembuh suaramu akan kembali menjadi normal lagi. Namun jika dibiarkan terus menerus akan mengganggumu dalam berkomunikasi.

Nah ternyata suara bindeng atau sengau ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Berikut beberapa penyebab suara bindeng serta cara mengatasinya.

Penyebab Suara Bindeng

1. Flu

Salah satu penyebab suara bindeng yang paling umum adalah karena flu. Hal ini terjadi karena penumpukan lendir yang menyumbat rongga hidung. Penyumbatan ini dapat menutup jalan bagi udara untuk masuk. Akibatnya, pita suara tidak memiliki resonansi yang cukup untuk menghasilkan suara sebagaimana mestinya.

2. Alergi

Peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi atau disebut juga dengan rhinitis alergi kerap memicu produksi lendir berlebih serta pembengkakan maupun iritasi yang berimbas pada perubahan suara yang menjadi sengau atau bindeng.

3. Infeksi Sinus

Infeksi sinus atau sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada sinus, yakni rongga kecil yang berfungsi untuk menghasilkan lendir agar saluran hidung dapat bekerja secara efektif.

4. Masalah Tiroid

Khususnya pada kasus hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif) dapat menyebabkan gangguan pada laring dan persarafannya. Kondisi ini mampu membuat suara penderitanya terdengar serak dan berat.

5. Polip Hidung

Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan lunak pada rongga hidung yang bersifat non-kanker. Kondisi ini dapat terbentuk akibat adanya peradangan kronis. Saat masih berukuran kecil, biasanya polip hidung kerap tidak menimbulkan gejala. Penderitanya baru akan merasakan gejalanya saat ukuran polip telah cukup besar.

Cara Mengatasi Suara Bindeng

Untuk mengatasi suara bindeng atau sengau yang pertama adalah dengan mengetahui penyebabnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mengatasinya. Misalnya suara sengaumu disebabkan karena flu atau alergi, maka yang harus kamu lakukan adalah mengobati flu atau alergi tersebut sampai sembuh.

Itulah beberapa penyebab suara bindeng dan cara mengatasinya. Pastikan untuk datang ke dokter agar teratasi dengan baik sebelum akhirnya bertambah parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading