Sukses

Health

5 Penyebab Perut Sakit Setelah Makan yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami perut yang terasa sangat sakit setelah makan? Sakit perut atau ketidaknyamanan setelah makan ternyata memiliki banyak penyebab. Jika sakit perut yang kamu alami setelah makan dan kemudian hilang dengan sendirinya, maka dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Jika kamu memiliki gejala lain atau ketidaknyamanan yang berkelanjutan maka dapat melakukan perubahan pada diet, atau menandakan adanya kondisi medis yang mendasarinya. Sakit perut yang dialami ternyata dapat dicegah dengan makan makanan yang sehat serta seimbang.

Nyeri perut atau terasa sangat sakit setelah makan dapat muncul dan membuat frustasi. Berikut beberapa penyebab perut sakit setelah makan yang perlu kamu tahu:

1. Makan Berlebihan

Sakit perut setelah makan tak hanya disebabkan oleh makan yang dikonsumsi secara cepat, akan tetapi jika makan berlebihan mungkin akan membuat seseorang tidak akan meluangkan waktu untuk mengunyah makanan yang benar dan tidak memperhatikan makanan.

2. Intoleransi Makanan

Sakit perut dan kram merupakan salah satu gejala umum dari intoleransi atau sensitivitas makanan, hal ini sering dikaitkan dengan beberapa produk makanan seperti susu, gluten, kacang, ragi, hingga tomat.

3. Alergi Makanan

Beberapa produk susu, kacang, telur, kedelai, jagung, gandum, dan gluten membuat beberapa orang mengalami alergi terhadap makanan yang paling umum dan menyebabkan gejala seperti sakit perut. Melakukan diet dapat membuat seseorang menentukan apakah alergi terhadap makanan atau zat tertentu.

4. Penyakit Celiac

Sakit perut merupakan salah satu gejala yang paling umum dari penyakit celiac, kondisi satu ini ditandai dengan sensitivitas gluten. Seseorang yang menderita celiac mungkin akan mengalami reaksi terhadao protein yang spesifik dalam gluten.

5. Iritasi Usus

Gangguan pencernaan satu ini kerap sekali terjadi pada banyak orang, beberapa gejala termasuk gas, kembung, diare, sembelit, kram, maupun sakit perut setelah makan. Candida, alergi makanan dan kepekaan terhadap suatu makanan juga dapat berhubungan dengan sindrom iritasi usus besar satu ini.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami perut sakit setelah makan yang kerap sekali terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading