Sukses

Health

4 Penyebab Perut Gatal Saat Hamil yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mungkin bagi beberapa perempuan yang sedang mengalami hamil, akan merasakan beberapa perubahan dalam tubuhnya. Mulai dari bentuk tubuh, perubahan hormon, gaya hidup, dan lainnya.

Pernah mengalami rasa gatal di bagian perut saat hamil? Rasa gatal saat hamil ternyata dapat disebabkan oleh adanya peningkatan pada hormon kehamilan didalam tubuh, selain itu hal ini biasanya dapat terjadi karena perut yang semakin meregang.

Perut yang terasa sangat gatal tentu membuat banyak ibu hamil tak nyaman. Untuk itu berikut beberapa penjelasan tentang penyebab perut gatal saat hamil yang perlu kamu tahu:

1. Peregangan Kulit

Selama masa kehamilan tentu kulit akan terus menerus mengalami peregangan hingga waktu kehamilan. Peregangan pada kulit inilah yang dapat menyebabkan rasa gatal atau bahkan dapat mengalami iritasi yang cukup menyakitkan. Tak hanya itu perengangan pada kulit ini juga dapat menimbulkan adanya stretch mark.

2. Alergi atau Bahan Sensitif Lainnya

Saat hamil tentu akan banyak hal yang menjadi sensitif bagi ibu hamil sendiri, selain itu beberapa produk perawatan atau bahan kimia lainnya dapat menyebabkan ibu hamil mengalami rasa gatal. Paparan bahan kimia inilah yang terkadang dapat memicu adanya dermatitis kontak atau ruam merah.

3. Kulit Kering

Salah satu hal yang membuat ibu hamil merasakan gatal adalah kulit kering. Adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, terkadang akan mengalami beberapa pengelupasan kulit yang dapat terjadi dan akan merasakan rasa gatal.

4. Hormon

Salah satu hormon yang dapat berkembang pada masa kehamilan adalah hormon esterogen, adanya hormon esterogen yang tidak seimbang inilah dapat menyebabkan kulit kepala terasa sangat kering dan merasa gatal. Selain itu hal ini dapat terjadi pada peningkatan suplai kehamilan dan menyebabkan gatal-gatal.

Nah, itulah beberapa penyebab perut gatal pada seseorang yang sedang hamil. Beberapa penyebab ini tentu membuat beberapa orang tak nyaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading