Sukses

Health

5 Penyebab Perut Sembelit yang Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang yang pernah mengalami perut sembelit, mungkin akan merasakan beberapa gejala seperti buah air besar yang keras atau kesulitan saat buang air keras. Sembelit merupakan salah gangguan yang menyerang pencernaan seseorang dan kerap sekali terjadi. 

Sembelit maupun konstipasi sendiri merupakan salah satu gejala yang ditandai dengan adanya masalah pada BAB, jika kamu salah satu tipe orang yang rajin BAB mungkin dalam seminggu dapat 5 kali BAB maka saat sembelit hanya dapat 1 kali BAB dalam seminggu. 

Hal ini juga ditandai dengan kesulitan untuk mengeluarkan tinja yang sangat keras, perut sembelit tentu membuat tidak nyaman dan terkadang akan muncul perut yang kembung. Berikut beberapa penyebab perut sembelit yang perlu kamu tahu:

1. Faktor Gaya Hidup

Salah satu faktor utama seseorang mengalami perut semebelit adalah gaya hidup yang tidak sehat, seeorang yang mengalami sembelit terkadang dapat ditandai dengan kurangnya serat maupun minuman yang dapat memperburuk sembelit. Perubahan pola makan, seperti diet atau mengkonsumsi berbagai makanan yang berlebihan dan tidak sehat ternyata dapat mempengaruhi seseorang mengalami sembelit.

2. Kehamilan

Sembelit juga menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil, banyak perempuan ketika memasuki masa kehamilan akan merasaan sembelit terutama di awal kehamilan. Tak hanya itu hal ini dapat disebabkan oleh produksi hormon progesteron yang memberikan efek mengendurkan oto dan membuat otot usus sulit untuk berkontraksi. 

3. Menunda Buang Air Besar

Bagi beberapa orang terkadang memiliki alasan untuk tidak buang air besar secara teratur, atau berusaha untuk menahannya karena berbagasi alasan. Terlalu sering menunda buang air besar sendiri ternyata dapat membuat seseorang mengalami sembelit, jika kamu sedang merasa ingin buang air besar ada baiknya untuk langsung buang air besar dan jangan menunda.

4. Obat yang Dikonsumsi

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi terkadang akan memiliki efek samping yang berbeda pada setiap orang, efek samping saat mengkonsumsi obat-obatan adalah mengantuk, mudah lelah, mual, atau kesulitan untuk buang air besar. Beberapa obat yang dikonsumsi terkadang memiliki efek samping kesulitan buang air besar bagi beberapa orang.

5. Masalah Psikologis

Tidak hanya masalah kesehatan yang dapat memperburuk sembelit pada seseorang, ternyata masalah psikologis dapat memberikan efek samping sembelit pada sebagian orang. Misalnya masalah psikologis yang dialami oleh beberapa orang adalah stres, kecemasan, maupun depresi yang sedang dialami. 

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami perut sembelit yang terkadang membuat tak nyaman. Beberapa penyebab diatas terkadang dapat dipengaruhi oleh faktor kesehatan atau gaya hidup, akan tetapi hal ini juga dapat menunjukkan bahwa kamu sedang stres. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading