Sukses

Health

Apa Penyebab Haid Sakit Perut dan Pinggang? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak perempuan tentu pernah merasakan sakit yang tak nyaman di bagian perut maupun pinggang ketika haid. Mungkin banyak orang yang bertanya tentang masalah satu ini, karena dapat menganggu aktivitas dan terasa sangat menyakitkan saat haid.

Haid sendiri dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung bagian bawah, terkadang hal ini dapat memperburuk dengan kondisi yang mendasarinya serta menyebabkan rasa sakit tersebut. Nyeri punggung bagian bawah merupakan salah satu gejala dari deismenore.

Nyeri, sakit perut, punggung, selama masa haid tentu dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Ini dia beberapa penyebab haid yang membuat seseorang mengalami sakit perut maupun pinggang yang kerap terjadi:

1. Dismenore Primer

Dismenore primer seringkali disebabkan oleh kram, hal ini biasanya dapat disebabkan oleh penderita dismenore primer yang mengalami nyeri terutama saat pertama kali mulai haid. Selama masa haid, rahim akan berkontrasi untuk melepaskan jaringan di lapisan rahim. Adanya peningkatan kadar prostaglandin ini yang menyebabkan lebih banyak rasa sakit, selain itu kontraksi satu ini dapat menyebabkan perut kram.

2. Dismenore Sekunder

Dismenore sekunder biasanya akan terasa di keeseokan harinya, rasa sakit ini dapat disebabkan atau memperburuk oleh masalah fisik. Prostaglandin juga dapat berperan dapat meningkatkan nyeri dan mengalami dismenore sekunder. Ada beberapa kondisi yang mendasari lainnya termasuk perut maupun pinggang, seperti di bawah ini:

  • Infeksi.
  • Fibroid.
  • Kondisi lain yang mempengaruhi organ reproduksi.

Rasa sakit yang dialami oleh seseorang selama masa haid merupakan hal yang normal meskipun menyakitkan, selain itu mungkin masalah yang mendasarinya tidak berkaitan dengan siklus haid sendiri. Akan tetapi, jika kamu mengkhawatirkan ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading