Sukses

Health

5 Penyebab Darah Haid Hitam di Hari Pertama yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang tentu memiliki masa menstruasi yang berbeda, beberapa orang mengalami masa pubertas pertama kali pada usia 12 atau 13 tahun. Menstruasi merupakan salah satu hal yang dapat terjadi pada perempuan dan dapat mengeluarnya jaringan serta darah di setiap bulannya dalam rahim melalui vagina.

Tekstur maupun warna dari darah menstruasi setiap orang cukuplah berbeda, terkadang hal ini menunjukkan masa subur pada reproduksi. Warna darah menstruasi seseorang biasanya merah terang, merah gelap, orange, cokelat, bahkan hitam.

Beberapa perempuan mungkin pernah mengalami beberapa warna darah menstruasi yang berbeda tentu dalam masa menstruasi yang berbeda. Darah yang berwarna hitam tidak sepenuhnya hitam, akan tetapi terlihat sangat pekat sehingga dapat tampak hitam. Berikut penyebab darah haid hitam di hari pertama menstruasi yang perlu kamu tahu:

1. Menandakan Awal atau Akhir Periode

Aliran darah terkadang akan lebih cenderung sedikit lebih lambat dari pada awal maupun akhir periode, selain itu semakin lama waktu yang dibutuhkan darah untuk meninggalkan tubuh maka akan semakin banyak waktu yang dibutuhkan oleh mengkosidasi dan memberikan perubahan menjadi warna hitam atau pekat dan gelap dari biasanya.

2. Ada Sesuatu yang Tersangkut dalam Vagina

Darah yang berwarna lebih pekat atau hitam terkadang dapat menunjukkan adanya benda asing dalam vagina, seperti tampon. Benda lain yang terangkut juga dapat termasuk seperti kondom, mainan seks, maupun alat kontrasepsi. Seiring waktu hal ini dapat mengiritasi vagina dan memberikan pemicu infeksi dan menyebabkan beberapa gejala lain.

3. Darah Haid yang Tertahan

Menstruasi yang tertahan atau hematocolpos dapat terjadi ketika darah menstruasi tidak dapat meninggalkan saluran vagina dan mengisi vagina, hal ini dapat membuat lebih gelap seiring berjalannya waktu. Tak hanya itu kondisi bawaan dari septum vagina atau selaput dara yang bertanggung jawab atas penyumbatan vagina ini.

4. Kanker Serviks

Darah haid yang berwarna hitam jika berkaitan dengan pendarahan yang tidak teratur setelah berhubungan seks atau di antara masa haid sendiri maka dapat menandakan adanya kanker serviks. Selain itu kanker serviks pada stadium awal ini belum memiliki gejala atau tanda sendiri, akan tetapi kanker serviks stadium lanjut mungkin dapat memiliki beberapa gejala seperti keputihan.

5. Keguguran

Keguguran dapat terjadi pada seseorang terutana saat berada di minggu ke 20 masa kehamilan, terkadang dapat ditandai dengan adanya bercak merah tua atau seperti warna hitam yang cukup pekat, hal ini terkadang dapat mengindikasikan keguguran dini. Selain itu darah hitam haid juga tidak menunjukkan adanya gejala keguguran lainnya seperti pendarahan maupun nyeri.

Mungkin bagi beberapa orang mengalami darah haid yang berwarna merah pekat atau hampir berwarna cokelat saat dilihat akan membuat khawatir. Akan tetapi, terkadang hal ini menandakan awal atau masa akhir dari periode haid sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading