Sukses

Health

5 Cara agar Tidak Gampang Capek saat Haid

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang haid, tubuh biasanya akan gampang capek. Belum lagi jika disertai nyeri haid, tubuh pun jadi makin tak nyaman. Aktivitas harian pun bisa terganggu.

Agar tidak gampang capek saat haid, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mencukupi kebutuhan cairan tubuh hingga olahraga ringan yang bisa dilakukan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih cukups sangatlah penting saat sedang haid. Melansir laman sheknows.com, menurut dr. Anna Cabeca, hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat saat sedang haid, sehingga cairan dan sodium dalam tubuh meningkat sebanyak sekitar 5-10 pon. Air putih bisa cukup efektif bantu atasi perut kembung bila diminum dalam kadar yang cukup. Hindari minuman beralkohol serta batasi minuman berpemanis dan berkafein.

 

2. Berolahraga Ringan

Berolahraga ringan seperti melakukan gerakan yoga sederhana bisa membuat tubuh lebih nyaman saat sedang haid. Berolahraga yoga juga diyakini bisa bantu mengurangi sakit nyeri haid dan gejala emosi yang berkaitan dengan haid, seperti Depresi dan kecemasan. Sekadar stretching ringan juga bisa bantu merilekskan otot-otot tubuh.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Kurangi makanan berkadar sodium tinggi. Konsumsi garam berlebih juga dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung dan retensi cairan yang bisa membuatmu makin tak nyaman. Sebagai gantinya, perbanyak sayur dan buah. Dengan begitu gula darah bisa stabil dan produksi kortisol dalam tubuh tidak lagi berlebihan.

4. Perbanyak Asupan Zat Besi

Banyak perempuan yang mengalami letargi dan keletihan saat haid karena kekurangan zat besi. Untuk itu, penting mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi agar tubuh tidak gampang capek saat haid. Mengonsumsi sayuran hijau atau daging merah bisa dilakukan. Atau kalau perlu, bisa juga mengonsumsi suplemen zat besi sesuai petunjuk dokter.

 

 

5. Tidur Cukup

Usahakan untuk mendapat tidur yang cukup dan nyenyak. Hindari begadang agar bisa tidur lebih awal dan bangun pagi dengan badan yang terasa lebih segar. Kalau nyeri haid agak mengganggu, bisa coba kompres hangat. Jadi, sebelum tidur kita bisa menyiapkan sebotol air hangat untuk kemudian bisa kita kompres ke area perut senyaman mungkin saat akan tidur.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba agar bisa lebih nyaman saat haid dan tidak gampang capek. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading