Sukses

Health

4 Penyebab Gumpalan Darah Saat Haid yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Mengeluarkan gumpalan darah selama siklus haid seringkali merupakan salah satu hal yang sangat normal dan terkadang dapat membuat seseorang merasakan tak nyaman. Beberapa perempuan terkadang akan mengalami pembekuan di beberapa titik, akan tetapi terkadang gumpalan pendarahan saat haid dapat membuat khawatir.

Gejala lain yang perlu kamu waspadai dengan adanya gumpalan darah haid juga penting untuk diperhatikan. Pendarahan menstruasi terkadang dapat jauh lebih berat dari kondisi kesehatan lainnya.

Pendarahan atau darah yang menggumpal pada masa haid terkadang dapat menunjukkan masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab gumpalan darah saat haid di bawah ini:

1. Kondisi Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar di bagian leher yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan distribyusi hormon, jika tidak berfungsi dengan baik terkadang dapat mengadakan adanya beberapa masalah. Selain itu kondisi seperti hipotiroid juga daat mempengaruhi aliran dan tingkat keparahan siklus menstruasi.

2. Polip dan Fibroid

Pertumbuhan seperti polip maupun fibroid dapat menetap di bagian rahim dan lapisannya hal ini seringkali dapat menyebabkan menstruasi menjadi lebih berat dari biasanya. Tak hanya itu polip rahim yang tumbuh dibagian leher rahim maupun lapisan rahim dapat menjadi salah satu faktor pembekuan berat.

3. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi, dapat menyebabkan menstruasi berat dengan adanya gumpalan. Tak hanya itu obat anti inflamasi atau obat hormonal dapat menyebabkan aliran menstruasi menjadi tidak normal dan adanya pendarahan yang menggumpal.

4. Keguguran

Pada masa awal kehamilan, jika mengalami keguguran atau kehamilan ektopik seringkali disalahartikan sebagai gumpalan menstruasi yang lebih berat dari biasanya.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami gumpalan darah pada masa haid yang kerap sekali terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading