Sukses

Health

4 Penyebab Haid Terlalu Lama Pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Pada umumnya haid yang dialami oleh perempuan memiliki waktu 7 hingga 14 hari lamanya dan sangatlah normal. Akan tetapi jika haid lebih dari 2 minggu terkadang akan membuat tak nyaman, tentu hal ini dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.

Mungkin bagi beberapa perempuan dapat mengalami haid yang lebih lama dari pada biasanya, meskipun hal ini menganggu karena berlangsung lama tentu dapat membuat khawatir. Adanya perubahan hormon pada perempuan menjadi salah satu penyebab haid menjadi terlalu lama.

Meskipun haid yang berlangsung lama tidak terlalu berbahaya, akan tetapi jika hal ini terjadi terus menerus selama masa haid berlangsung dapat menandakan adanya masalah. Berikut beberapa penyebab haid terlalu lama yang kerap terjadi:

1. Hormon

Adanya perubahan hormon pada perempuan saat memasuki masa haid terkadang dapat membuat waktu hai menjadi lama. Selain itu perubahan hormon inilah dapat terlihat saat pertama kali mengalami masa pubertas, tak hanya itu ketidakseimbangan hormon juga dapat dipengaruhi oleh faktor kesehatan seseorang seperti tiroid atau sindrom ovarium.

2. Kelenjar Tiroid

Tiroid merupakan salah satu kelenjar kecil yang terdapat pada bagian leher serta dapat mengeluarkan hormon, hal ini juga dapat memberikan hormon mempengaruhi beberapa proses dalam tubuh saat memasuki masa haid. Perubahan tiroid pada seseorang juga dapat disebabkan oleh kurangnya yodium dalam makanan, atau mengalami gangguan autoimun.

3. Fibroid

Fibroid rahin maupun polip sendiri dapat menyebabkan adanya perdarahan yang cukup panjang dan berat, selain itu fibroid juga dapat terjadi ketika jaringan otot mulai tumbuh pada dinding rahim. Polip merupakan salah satu pertumbuhan abnormal pada suatu jaringan di bagian organ, jika perempuan memiliki fibroid atau polip maka kemungkinan dapat mengalami pendarahan serta masa haid.

4. Kista Ovarium

Kista ovarium sendiri sering terjadi dan dapat menyebabkan pendarahan serta menstruasi yang cukup lama pada perempuan. Selain itu hal ini juga dapat mempengaruhi siklus haid perempuan, meskipun kista ovarium satu ini tergolong jinak akan tetapi dapat lebih besar dan menganggu aliran normal.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami masa haid dalam kurun waktu yang cukup lama. Beberapa masalah haid yang lama tidak berbahaya, akan tetapi jika kamu mengalami hal satu ini terus menerus maka perlu periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan perawatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading