Sukses

Health

Sederet Tips Ampuh yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Demam Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang sering kali tak menentu kadang kala membuat kesulitan bagi para ibu untuk menjaga sang buah hati agar tetap sehat. Terlebih pengawasan yang ekstra harus terus dilakukan supaya si kecil bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menghampiri.

Apabila anak terlanjur mengalami sakit seperti demam akibat perubahan cuaca, maka tak perlu khawatir lagi untuk menanganinya. Ini karena sederet tips berikut bisa dijadikan pedoman dalam mengatasi sang anak yang sedang jatuh sakit. Penasaran? Yuk, simak dulu sederet tips ampuh atasi demam anak berikut ini!

1. Berikan Kompres

Langkah pertama yang harus dilakukan apabila si buah hati mengalami demam adalah memberikan kompres. Kompres menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan panas yang ada di dalam tubuh sang anak, sehingga suhu tubuh bisa perlahan kembali normal dan mengurangi demam anak yang dialami. Penggunaan kompres sendiri bisa dilakukan selama 15 menit setelah waktu pemasangan dan dapat diganti dengan yang baru jika waktu tersebut telah habis.

Penggunaan kompres sendiri sering disalahpahami oleh sebagian orang tua. Banyak yang menganggap bahwa mengompres anak menggunakan air dingin dapat membuat kondisi tubuh pada anak akan semakin baik. Dilansir dari salah satu jurnal kesehatan STIKes Kusuma Husada Surakarta, penurunan suhu panas pada anak akan semakin efektif menggunakan kompres air hangat. Ini dikarenakan otak akan menerima sinyal untuk segera menurunkan suhu yang tinggi ketika kompres air hangat ini diaplikasikan pada tubuh.

2. Konsumsi Makanan Hangat

Mengkonsumsi makanan hangat seperti sup dan bubur bisa menjadi langkah selanjutnya yang dapat dilakukan. Makanan hangat sendiri dapat membantu menjaga dan mempertahankan imunitas sang anak meskipun sedang tidak dalam kondisi yang fit.

Selain itu, makanan hangat juga dapat membuat tubuh anak merasa lebih nyaman. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan yang kaya akan vitamin C agar proses penyembuhan bisa semakin lebih cepat.

 

3. Kenakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat

Apabila si kecil terkena demam, jangan pernah memberikan pakaian yang kurang nyaman apalagi memberikan selimut yang tebal kepada anak. Jika sang buah hati diberikan pakaian yang tebal, maka panas yang ada di tubuhnya akan semakin sulit untuk keluar dan malah memperparah kondisi si kecil.

Idealnya, lebih baik menggunakan pakaian berbahan katun karena lebih mudah dalam menyerap keringat dan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Penggunaan pendingin ruangan juga disarankan agar suhu tubuh anak yang tinggi bisa berubah menjadi netral.

4. Gunakan Obat Pereda Panas

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kapan sih waktu yang tepat dalam memberikan obat pereda panas pada sang buah hati. Untuk waktunya sendiri, ibu bisa memberikan obat penurun panas saat suhu tubuh anak sudah mencapai 38 derajat celcius. Tentu saja pemberian obat ini harus memperhatikan aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat dan pastinya juga harus berkonsultasi kepada dokter untuk pengecekan lebih lanjut pada tubuh anak.

Salah satu obat yang efektif untuk pereda panas pada anak yaitu Termorex Plus. Obat sirup ini memiliki beragam khasiat yang berguna di saat si kecil terserang demam. Tak hanya demam, obat yang satu ini juga dapat membantu mengurangi gejala flu lainnya seperti sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Selain itu, Termorex Plus juga mengandung Paracetamol, Chlorphenamine Maleate, Pseudoephedrine HCl, serta Guaifenesin yang mampu mengatasi berbagai gejala flu dengan cepat dan ampuh.

Sebagai sirup obat flu dan batuk rasa jeruk yang disukai anak, Termorex Plus bisa jadi solusi efektif untuk atasi flu dan batuk, serta demam pada anak. Obat demam tanpa alkohol ini sangat aman untuk dikonsumsi anak-anak yang berusia 6-9 tahun. Sehingga ibu dapat dengan mudah kembalikan keceriaan si kecil dengan Termorex Plus. 

Semakin mudah bukan dalam mengatasi suhu panas pada anak? Apalagi dengan adanya Termorex Plus bisa membuat ibu semakin gampang untuk merawat anak yang rewel akibat demam. Termorex Plus ini sudah tersedia dan dapat dibeli di berbagai apotik atau toko obat terdekat secara online dan offline, serta minimarket seperti Alfamart dan juga Indomaret.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading