Sukses

Health

Alasan Ilmiah Mematikan Lampu Bikin Tidur Makin Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Tidur nyenyak atau berkualitas merupakan salah satu hal terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan tidur nyenyak, fisik dan psikis akan terasa lebih baik atau sehat. Tidur nyenyak juga membantu seseorang untuk terbangun dengan suasana hati yang lebih bahagia. 

Mengutip dari laman bustle.com, tidur nyenyak memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antaranya adalah mencegah depresi, memaksimalkan tumbuh kembang anak, mencegah obesitas, terhindar dari kanker hingga mencegah risiko diabetes. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Chronobiology International pada edisi Juli 2014, disebutkan bahwa tidur nyenyak juga memungkinkan seseorang memiliki tekanan darah yang stabil. 

Untuk memiliki tidur yang lebih nyenyak, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan lampu saat tidur. Lantas, bagaimana hal ini bisa membantu kita tidur lebih nyenyak? Bukankah tidur dalam keadaan gelap justru bikin takut dan susah tidur?

Mematikan Lampu Membuat Fisik dan Psikis Lebih Tenang

Disadari atau tidak, tidur dalam keadaan lampu mati bisa membuat fisik dan psikis lebih tenang. Suasana gelap atau redup di kamar bisa membuat suasana hati jadi lebih tenang. Ini juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak karena suasana hatinya yang baik. 

Paparan cahaya lampu dalam waktu lama rentan meningkatkan suasana gerah dan panas. Saat suasana gerah dan panas, ini akan membuat kualitas tidur buruk. Selain itu, penelitian menemukan jika cahaya bisa menjadi acuan jam biologis tubuh. Cahaya yang terang akan membuat tubuh berpikir ia masih tetap harus terjaga dan beraktivitas. Hal inilah yang kemudian membuat tidur jadi tak nyenyak dan otak memaksa tubuh untuk tetap terjaga.

Bagaimana Jika Lampu Tetap Dibiarkan Menyala Saat Kita Tidur?

Ada beragam dampak negatif yang bisa menyerang kita dari kebiasaan menyalakan lampu saat tidur. Adapun dampak negatif tersebut antara lain pikiran rentan stres bahkan depresi, risiko obesitas meningkat, risiko menderita kanker payudara, tekanan darah tinggi dan risiko diabetes semakin besar. 

Untuk itu Sahabat Fimela, cobalah untuk membiasakan diri dengan mematikan lampu saat tidur. Kalau pun memang tidak bisa tidur dalam suasana yang gelap, kamu bisa memasang lampu tidur dengan cahaya remang-remang untuk dapatkan suasana tidur yang lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading