Sukses

Health

Kram Perut Saat Menstruasi Tiba? Redakan dengan 4 Obat Alami Ini

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit perempuan yang mengeluhkan kram perut selama menstruasi datang. Tak hanya kram perut, beberapa perempuan juga merasakan nyeri haid yang mengganggu di bagian punggung, paha hingga kaki. Beberapa perempuan juga akan merasa sangat lelah, mudah marah dan tidak nyaman selama menstruasi. Hal ini adalah sesuatu yang umum terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh. 

Untuk mengatasi ketidaknyamanan selama menstruasi, mungkin beberapa perempuan akan minum obat yang dijual di apotek. Namun Sahabat Fimela, tanpa konsumsi obat dengan kandungan bahan kimia di dalamnya, nyeri selama menstruasi sebenarnya bisa diredakan dengan obat alami. Mengutip dari laman liputan6.com, ada beberapa obat alami yang ampuh meredakan nyeri menstruasi. Adapun obat alami tersebut antara lain sebagai berikut.

Jahe

Obat alami pertama ada jahe. Jahe mengandung nutrisi yang sangat baik dalam meredakan nyeri. Jahe juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat membuat tubuh lebih sehat, nyaman dan terhindar dari berbagai risiko sakit termasuk sakit saat menstruasi. Seduh beberapa ruas jahe dengan segelas air panas bersama madu kemudian minum selagi masih hangat.

Kayu Manis

Obat alami untuk mengatasi nyeri menstruasi selanjutnya ada kayu manis. Studi menemukan jika kayu manis yang diseduh dengan air hangat bermanfaat meredakan nyeri selama menstruasi. Aroma wangi kayu manis juga bikin suasana hati jadi lebih baik selama periode menstruasi.

Minyak Peppermint

Obat alami untuk mengatasi kram saat menstruasi selanjutnya ada minyak peppermint. Campurkan satu tetes minyak peppermint dengan satu gelas air hangat kemudian minum sebanyak satu kali selama 3 hari saat menstruasi untuk mengatasi kram perut dan kram tubuh lainnya. 

Adas

Tanaman adas merupakan obat alami yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri selama menstruasi. Seduh beberapa biji adas dengan air hangat untuk kemudian dikonsumsi sebagai pereda nyeri menstruasi. 

Itulah beberapa obat alami yang bermanfaat mengatasi nyeri selama menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat. Nyeri menstruasi juga bisa diredakan dengan memiliki istirahat cukup, mengompres perut dengan air hangat dan konsumsi ramuan kunyit bersama gula jawa serta asam jawa.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading