Sukses

Health

Alasan Ilmiah Kenapa Pipi Memerah Saat Malu atau Marah

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang mengalami perubahan sikap terutama sikap malu, hal ini bisa terlihat dengan jelas dari raut wajahnya. Seseorang yang tengah merasa malu biasanya pipinya akan memerah. Tak heran jika banyak orang yang kemudian menggunakan momen memerahnya pipi karena malu sebagai bahan candaan atau ledekan. 

Mengenai pipi yang menjadi merah merona saat malu, sebenarnya ini bukan hal yang asing. Ini umum terjadi pada setiap orang. Mengutip dari laman WebMD.com, memerahnya pipi karena malu adalah respon alami tubuh terutama pada bagian wajah.

Kenapa Pipi Menjadi Merah Saat Malu?

Para ahli menemukan jika pipi yang memerah dipicu oleh emosi yang mengirim darah ke wajah. Saat merasa malu, marah, emosi dan perasaan lainnya, pembuluh darah di wajah akan melebar. Kondisi ini adalah suatu hal yang wajar dari reaksi sistem saraf simpatik di tubuh kita. 

Sistem saraf simpatik adalah jaringan saraf kompleks yang bisa membuat tubuh berada pada mode fight or flight. Dalam kondisi ini, pipi yang memerah bisa menjadi lebih parah jika kita sedang stres, cemas atau panik. Selain pipi yang memerah, beberapa orang mungkin akan berdebar hatinya saat merasa malu. Ini juga merupakan respon alami tubuh karena aliran darah yang menuju jantung semakin cepat atau lancar.

Bagaimana Mengatasi Pipi Merah?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pipi merah karena malu. Mengutip dari laman Medical News Day, berikut beberapa cara untuk mengatasi memerahnya pipi karena malu atau perasaan lain termasuk emosi. 

  • Ambil nafas dalam-dalam dan cobalah untuk lebih tenang. 
  • Sembunyikan rasa malu dengan tersenyum atau tertawa. Selain bisa memudarkan warna merah pada pipi karena malu, ternyum dan tertawa juga akan membuat perasaan lebih tenang saat kamu merasa stres, emosi atau marah. 
  • Hindari kontak mata dengan seseorang yang membuatmu malu. Tak apa jika kamu harus menundukkan kepala sejenak demi menyembunyikan rasa malu dan memudarkan warna merah pada pipi. 
  • Hindari berbagai hal yang bisa memicu pipi merah selain hal yang membuat malu. Beberapa hal yang memicu pipi merah antaranya makan makanan pedas, makan makanan yang masih panas, suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin dan sekian hal yang meningkatkan risiko alergi. 

Itulah sedikit ulasan mengenai pipi merah karena malu. Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk, kelola stres dengan baik agar terhindar dari masalah pipi memerah.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading