Sukses

Health

5 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Salah Satunya Biasa Jadi Menu Diet

Fimela.com, Jakarta Mencampur makanan adalah hal yang umum dilakukan, seperti kombinasi buah dengan susu atau dengan yogurt. Namun, ahli gizi justru tidak merekomendasikan kombinasi beberapa makanan ini. Melansir dari Style Craze, ada kombinasi makanan tertentu yang dapat menghalangi saluran pencernaan dan menghambat tubuh untuk mendapatkan nutrisi penting.

Selain itu, kombinasi makanan yang buruk dapat memberi efek negatif seperti sakit perut, kembung, kelelahan, perut penuh gas, hingga rasa tidak nyaman. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan.

1. Karbohidrat dan Protein Hewani

Ketika mengonsumsi karbohidrat dan protein hewani contohnya kentang atau roti dan daging akan menyebabkan perlawanan pembusukan protein dan fermentasi karbohidrat. Hal ini menyebabkan lambung mengeluarkan gas dan perut kembung. Menu untuk menggantikan kentang atau roti bisa menggunakan kacang atau nasi.

2. Makanan dengan Jus Buah atau Air

Minum air atau jus selama makan berat adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Air dapat mencairkan asam lambung dan mengurangi efektivitas lambung dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi air 10 menit sebelum makan. Hal ini juga mampu membuatmu kenyang lebih lama.

3. Jeruk dengan Susu

Melansir dari Only My Health, jeruk dengan susu tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersama. Susu butuh waktu lama untuk dicerna dan saat dikonsumsi bersama jeruk, lemon, atau buah citrus lainnya akan menyebabkan susu menggumpal. Hal ini akan menyebabkan gas dan memberi sensasi terbakar di perut. Susu dan pisang juga memberi efek yang sama saat dikombinasikan.

4. Buah dan Yogurt

Yogurt mengandung banyak bakteri baik. Namun bila dikombinasikan dengan buah akan memberi reaksi buruk pada gula yang ada dalam buah-buahan. Reaksi ini dapat menimbulkan alergi, pilek, bahkan racun. Cara terbaik adalah dengan menggunakan yogurt rasa plain atau original dan mencampurnya dengan kayu manis, madu, atau kismis.

5. Keju dan Daging

Saat ini banyak tren untuk mencampurkan keju leleh pada daging, bakso, atau olahan daging lainnya. memang terlihat nikmat, namun ternyata memberi efek tidak buruk pada tubuh. Ahli nutrisi mengatakan kombinasi ini membuat tubuh sulit untuk menyerap nutrisi dan sulit dicerna.

Beberapa jenis makanan akan lebih baik bila dikonsumsi satu per satu agar nutrisi baik yang terkandung dapat terserap dengan baik. Perhatikan kombinasi pada menu makananmu agar tubuh tetap mendapat manfaat baik dari makanan.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading