Sukses

Health

10 Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Konsumsi Gula Berlebih

Fimela.com, Jakarta Gula merupakan salah satu bahan makanan yang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Meski begitu, sebaiknya kita lebih bijak dalam mengonsumsi gula di kehidupan kita sehari-hari. Apalagi jika gula yang dikonsumsi adalah gula buatan dan bukan gula alami yang sudah ada di dalam makanan seperti buah-buahan. 

Sebenarnya, gula memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Gula yang terserap ke dalam darah bisa menjadi bahan bakar untuk jaringan dalam tubuh dan meningkatkan energi serta metabolisme tubuh. Namun, jika konsumsi ini berlebihan, ini justru meningkatkan berbagai ragam bahaya bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Mengutip dari laman healthline.com, ada beragam bahaya yang bisa disebabkan dari konsumsi gula berlebih. Apalagi jika gula ini ditambahkan ke dalam makanan seperti makanan pokok, camilan dan minuman. Ini akan lebih buruk dibandingkan dengan gula alami yang terkandung dalam buah maupun sayuran. 

Berikut beberapa bahaya konsumsi gula berlebih pada tubuh kita. 

  1. Obesitas. Konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. 
  2. Risiko Jantung. Konsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko jantung. Apalagi jika konsumsi gula berlebih ini dilakukan sehari-hari dalam waktu yang terus menerus. 
  3. Otak ketagihan dopamin. Ya, konsumsi gula bisa menyebabkan otak ketagihan dopamin karena gula bisa membuat otak merasa nyaman dan membuatmu terus menerus menginginkan konsumsi makanan manis yang mengandung gula seperti cokelat, kue atau minuman manis. 
  4. Gangguan suasana hati. Kamu yang sering mengonsumsi gula berlebih bisa saja mengalami gangguan suasana hati. Suasana hati yang semua bahagia bisa berubah menjadi sedih, kecewa dan marah dalam sekejab.
  5. Rusaknya gigi. Glukosa bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan gusi. Konsumsi gula berlebih dan jarang gosok gigi akan membuatmu rentan mengalami gigi berlubangm gigi keropos bahkan plak gigi membandel. 
  6. Nyeri sendi. Para ahli juga mengungkapkan jika konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan nyeri sendi. Ini karena makanan manis memicu peradangan dalam tubuh termasuk peradangan di sendi. 
  7. Meningkatkan risiko masalah jerawat. Jika kamu ingin terbebas dari masalah jerawat, usahakan untuk membatasi konsumsi gula. 
  8. Diabetes. Risiko diabetes akan semakin tinggi buatmu yang sering mengonsumsi gula berlebih. Diabetes ini bahkan lebih tinggi risikonya jika kamu memiliki riwayat keluarga yang menderita diabetes dan terbiasa konsumsi gula berlebih setiap harinya. 
  9. Gangguan ginjal. Karena konsumsi gula menyebabkan diabetes, ini tidak menutup kemungkinan kamu juga akan mengalami gangguan ginjal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akibat diabetes bisa merusak ginjal. 
  10. Meningkatkan risiko kanker. Penelitian menemukan jika asupan gula berlebih dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kanker. Pria akan rentan mengalami kanker prostat saat ia memiliki asupan gula berlebih setiap harinya dan terus-menerus. 

Itulah beberapa bahaya dari konsumsi gula secara berlebih. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Loading