Sukses

Health

Inilah Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dan Hangat untuk Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Mandi sudah menjadi salah satu rutinitas harian yang wajib dilakukan semua orang untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Selain menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebersihan diri, mandi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, apakah kamu tahu bahwa mandi menggunakan air dingin dan air hangat memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan?

Di malam hari atau saat cuaca sedang dingin, pastinya banyak orang yang memilih mandi menggunakan air hangat. Sedangkan pada siang atau sore hari setelah seharian lelah melakukan berbagai macam aktivitas mandi menggunakan air dingin menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan dan menyegarkan badan. Namun jika dilihat dari sisi kesehatan manakah yang lebih tepat untuk tubuhmu, mandi air dingin atau air hangat? Kamu dapat menyimak penjelasan dibawah ini untuk menentukan apakah kamu harus mandi air dingin atau air hangat agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan tubuhmu.

Manfaat Mandi Air Dingin

Dilansir dari laman Healthline ada 6 manfaat yang di dapatkan dari mandi air dingin

1. Menenangkan Kulit yang Gatal

Mandi dengan air dingin dapat membantu menenangkan kulit yang gatal. Adam Friedman, MD, mengatakan jika kamu memiliki kondisi kulit gatal, mandi air dingin dapat membantumu mengatasi sensasi rasa gatal yang membuatmu ingin terus menerus menggaruk area tubuh yang gatal.

 2. Membantumu untuk Lebih Segar di Pagi Hari

Mandi di pagi hari memang dapat membuatmu lebih segar karena dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Di pagi hari saat mandi menggunakan air dingin, maka kamu akan merasakan efek kejut karena dinginnya air yang mengenai tubuhmu. Efek kejut ini dapat meningkatkan detak jantung dan asupan oksigen, yang membuat rasa kantukmu menghilang dan membuatmu merasa lebih segar dan lebih semangat di pagi hari.

 3. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Dapat meningkatkan sirkulasi darah adalah alasan utama para ahli merekomendasikan mandi dengan air dingin. Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal, hal itu menyebabkan darah bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal.

4. Membantu Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

 Manfaat mandi air dingin selanjutnya adalah membantu mengurangi nyeti otot setelah kamu melakukan olahraga berat. Hal ini dikarenakan air dingin memiliki sifat regenerative yang dapat membuat ototmu rileks dan pulih setelah berolahraga berat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa sel lemak di tubuh, terutama di sekitar area leher dan bahu, yang menghasilkan panas dengan membakar lemak. Sel-sel ini melakukan pembakaran ketika tubuh terkena rangsangan dingin, seperti air dingin. Hal ini dapat membantu penurunan berat badanmu.

6. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Ahli kesehatan Dr. Jacqueline Schaffer, MD, mengatakan bahwa air dingin dapat membantu mengencangkan dan menyempitkan aliran darah yang membuat kulitmu tampak bersinar dan lebih sehat. Selain itu, air dingin juga dapat memperkuat kutikula rambutmu. Berbeda dengan air hangat yang mampu mengurangi kelembaban kulit, air dingin justru dapat menjaga kelembaban rambut dan kulit karena tidak mengikis terlalu banyak minyak alami yang dibutuhkan rambut dan kulitmu.

Kekurangan Mandi Air Dingin

Mandi air dingin dapat membuatmu merasa lebih buruk jika kamu sedang tidak sehat karena dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuhmu. Jika kamu sedang mengalami pilek, batuk atau demam, kamu akan merasa lebih dingin dan tubuhmu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pemanasan.

Manfaat Mandi Air Hangat

Dilansir dari laman Healthline ada 3 manfaat yang di dapatkan dari mandi air hangat

1. Membantu Mengatasi Gejala Flu

Mandi air hangat dapat membantumu mengatasi gejala flu. Uap dan panas dari air mengendurkan dahak, membuka saluran udara dan membersihkan saluran hidungmu.

2. Mengurangi Kotoran yang Menumpuk pada Pori-Pori Kulit

Uap dan panas dari pancuran air panas membuka pori-pori yang tersumbat. Hal ini dapat membantu memudahkanmu untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada pori-pori kulitmu.

3. Mandi Air Hangat baik untuk Relaksasi Otot

Mandi air hangat secara efektif membantu meredakan ketegangan tubuh dan dapat membantu menenangkan kelelahan otot.

Kekurangan Mandi Air Panas

  1. Mandi air hangat dapat mengeringkan dan mengiritasi kulitmu. Mandi air hangat menyebabkan kerusakan pada sel-sel keratin yang terletak di lapisan paling luar kulitmu, epidermis.
  2. Mandi air hangat tidak dianjurkan jika kamu memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular. Jika airnya terlalu panas, kondisi ini bisa bertambah parah. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan manfaat mandi air dingin dan air hangat untuk kesehatan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untukmu ya sahabat Fimela

 

Penulis: Diah Ayu V.

What's On Fimela
Loading