Sukses

Parenting

Kapan Anak Bisa Mulai Mandi Sendiri? Orang Tua Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Mandi merupakan aktivitas yang penting. Dengan mandi, seseorang bisa menjaga tubuhnya agar lebih bersih dan sehat. Mengenai mandi, sebaiknya seseorang mandi sebanyak dua kali sehari. Tapi ini juga bisa dilakukan lebih dari dua kali setiap kali tubuh terasa kotor. 

Mandi merupakan aktivitas yang tak hanya penting dilakukan oleh orang dewasa. Anak-anak pun juga harus dilatih mandi secara rutin dan benar sejak usianya sedini mungkin. Ketika anak-anak masih berusia dini, orang tua akan selalu mendampingi anak saat mandi. Ini demi keselamatan dan kebersihan tubuh anak saat mandi. Namun Mom, mengenai mandi ini, kapan sih kira-kira anak sudah bisa dibiasakan untuk mandiri sendiri?

Pentingnya Anak Didampingi Orang Tua Saat Mandi

Anak-anak penting untuk selalu didampingi orang tua saat mandi. Terlebih jika anak-anak masih berusia di bawah enam tahun. Anak memerlukan pendampingan saat mandi karena di usia yang masih sangat belia, anak belum bisa membersihkan dirinya dengan baik. Anak juga belum memiliki pemikiran yang lebih bijak saat berada di kamar mandi. 

Mengutip dari laman babycenter.com, ketika anak di bawah usia enam tahun dibiarkan mandi sendiri, ini bisa meningkatkan beragam bahaya baginya. Anak yang masih sangat suka bermain kemungkinan besar akan bermain-main saat mandi dan rentan terpeleset atau pun mengalami hal lain yang tidak diinginkan. Pada usia yang terlalu dini, anak juga belum bijak mengenai aturan penggunaan air dan sabun atau hal lainnya saat mandi.

Usia Ideal Agar Anak Mandiri Sendiri

Para ahli menyarankan agar anak bisa mulai mandi sendiri saat usianya di atas enam tahun. Pada usia ini akan sudah bisa lebih bijak dalam melakukan berbagai aktivitas termasuk aktivitas mandi. Di usia ini, anak-anak juga sudah bisa lebih hati-hati saat berada di kamar mandi. 

Ketika anak berusia 4 sampai 6 tahun dan ingin mandiri sendiri, sebenarnya ini tak menjadi masalah. Hanya saja pastikan untuk tetap memantau anak dari jauh saat ia mandi. Usia anak-anak adalah usia yang rawan bagi anak terhadap berbagai bahaya termasuk saat ia mandi. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk Mom, jadi orang tua yang lebih bijak dalam merawat, mengasuh dan melindungi buah hati. 

#WomenForWomen

Loading