Sukses

Health

5 Cara Alami Mencegah Flu di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Di musim hujan, penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak gampang jatuh sakit, terutama sakit flu. Cuaca yang tidak bersahabat bisa membuat kondisi tubuh menurun. Apalagi kalau masih ada banyak kesibukan dan rutinitas yang harus dijalani, maka penting untuk berusaha lebih keras agar kondisi tubuh tetap bugar.

Kali ini, Fimela akan membagikan lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk mencegah sakit flu selama musim hujan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Saat bangun pagi, bisa minum air putih hangat. Bisa juga dicampur dengan madu, jahe, atau lemon. Sebisa mungkin jangan sampai dehidrasi agar tubuh tidak gampang sakit.

 

 

2. Awali Hari dengan Sarapan Tinggi Protein

Sebelum beraktivitas, awali hari dengan sarapan tinggi protein. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat, gula darah bisa terjaga stabil. Sehingga tidak merasa pusing, lelah, atau cepat lapar sebelum jam makan siang. Imbangi juga dengan makanan berkuah. Makanan berkuah efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah paparan flu dan batuk yang mengganggu. Rutin sarapan pagi bisa bantu jaga kekebalan tubuh agar tidak gampang jatuh sakit juga.

 

 

3. Tidur Cukup dan Berkualitas

Usahakan untuk mendapat tidur yang cukup setiap harinya. Usahakan tidur dalam kamar yang gelap atau dengan pencahayaan redup. Melansir laman manifatturafalomo.com, penelitian yang dilakukan ahli di Ohio State University Hospital menemukan jika tidur dengan lampu mati atau redup bisa mencegah stres. Paparan sinar lampu yang berkurang saat tubuh istirahat atau tidur juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

 

 

4. Berolahraga Rutin

Rutin bergerak dapat membuat tubuh lebih fit dan bebas masalah flu. Olahraga sederhana seperti jalan kaki bisa menjadi pilihan untuk bantu menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang aktif bisa lebih kuat dan tidak akan mudah jatuh sakit saat musim hujan.

 

 

5. Lebih Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar akan membantumu untuk menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Lebih rajin cuci tangan bisa jadi upaya efektif untuk mencegah sakit flu atau jatuh sakit selama musim hujan. Selalu cuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum memasak, setelah keluar dari rumah, dan setelah memegang benda atau sesuatu yang kotor, sangat penting dilakukan agar kesehatan terjaga.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit flu selama musim hujan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading