Sukses

Health

5 Kebiasaan agar Vagina Sehat dan Bersih Setiap Hari Terutama Saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Rutinitas perawatan kulit wajah yang dilakukan para perempuan, ternyata tidak diimbangi dengan kesadaran untuk merawat kesehatan dan kebersihan kulit di bagian tertutup atau tidak terlihat seperti area vagina. Padahal menurut PERDOSKI, area kewanitaan membutuhkan perhatian khusus serta ruang untuk bernapas.

Apalagi saat banyak beraktivitas disertai olahraga, tubuh dan area kewanitaan juga akan berkeringat. Saat menstruasi pun area vagina akan cenderung lebih lembap dan berkeringat yang menyebabkan gatal dan iritasi hingga infeksi.

Riset dari Equilab International menunjukkan 8 dari 10 wanita mengalami iritasi saat menstruasi. Karenanya penting untuk menerapkan kebiasaan sehat dan bersih setiap hari khususnya saat sedang menstruasi.

Lalu, bagaimana cara perawatan yang benar dan tepat untuk area vagina?

 

Cara Membersihkan Vagina dengan Benar

Pertama, dengan membersihkan area vagina dengan benar. Saat setelah buang air kecil dan buang air besar, basuhlah dengan air bersih lalu keringkan dengan tisu atau handuk dari arah depan ke belakang agar menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

Lalu, hindari menggunakan sabun khusus yang mengandung parfum. Sebenarnya, area vagina bisa membersihkan dirinya sendiri dan cukup dibersihkan dengan air biasa atau air hangat. Penggunaan sabun area kewanitaan tanpa memperhatikan kandungannya bisa mengganggu keseimbangan pH vagina dan berisiko iritasi hingga infeksi. Cukup gunakan pembersih kewanitaan bila perlu dan jangan lupa perhatikan juga kandungannya.

 

Gunakan pakaian dalam yang tepat

Pemilihan pakaian dalam juga perlu diperhatikan. Hindari memilih pakaian dalam yang terlalu ketat agar area vagina bisa bernapas dan pilih yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat. Rajinlah mengganti pakaian dalam secara teratur saat beraktivitas padat agar terhindar dari lembap yang bisa menyebabkan pertumbuhan jamur.

Cukur bulu kemaluan seperlunya

Bulu pubis atau bulu kemaluan berfungsi untuk melindungi vagina dari kotoran, keringat, gesekan bahkan bakteri. Maka dari itu, cukurlah seperlunya dan gunakan krim atau gel terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya lecet.

Terakhir, pilihlah pembalut yang tepat saat menstruasi. Pilih produk pembalut yang selain memiliki daya serap tinggi, juga bisa meningkatkan sirkulasi udara dan teruji klinis aman untuk kulit sensitif. Rutinlah mengganti pembalut 3-4 jam sekali sesuai dengan volume darah saat menstruasi.

"Memiliki kulit yang bersih dan sehat termasuk di area sekitar kewanitaan tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Laurier Healthy Skin hadir untuk menjawab permasalahan wanita Indonesia yang mengalami iritasi ketika menstruasi" ujar Maria Rosita Leonardi, Associate VP Marketing PT Kao Indonesia.

Hadirnya Laurier Healthy Skin diharapkan dapat menjawab kebutuhan konsumen untuk dapat memberikan rangkaian Vagina Care, dimana Laurier memiliki inovasi 3D pori bergelombang yang membuat pembalut tidak menempel sepenuhnya pada kulit saat menstruasi dan meningkatkan 80% sirkulasi udara, sehingga bisa mencegah lembab dan iritasi. Tidak hanya ditujukan khusus untuk kulit sensitif, kata dia Laurier Healthy Skin ini juga cocok untuk wanita dengan tipe kulit normal. 

"Dengan permukaannya yang ekstra lembut, Laurier Healthy Skin terasa nyaman di kulit. Laurier Healthy Skin juga merupakan satu-satunya pembalut wanita di Indonesia yang teruji klinis mencegah iritasi di area kewanitaan atau vagina oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI)," tandasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading