Sukses

Health

Terkenal Sebagai Antiseptik Alami, Ini 5 Manfaat Lain Daun Sirih

Fimela.com, Jakarta Daun sirih lama digunakan turun temurun dari nenek moyang kita untuk dijadikan sebagai obat alami. Bukan tanpa sebab, kandungan yang ada pada daun sirih memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Jika kita melihat nenek suka mengunyah daun sirih maka perhatikan gigi mereka. Kebanyakan masih utuh dan kuat sebab salah satu manfaat dari daun sirih memang untuk menguatkan gigi. Selain itu, sekarang banyak ditemui produk antiseptik yang menggunakan sirih sebagai bahan utamanya. Tidak mengherankan juga sebab di dalam sirih kaya akan kandungan polifenol yang bertindak sebagai antiseptik alami. 

Banyak manfaat yang bisa didapat dari daun sirih. Dikutip dari situs DrHealthBenefits.com berikut ini adalah 5 manfaat dari daun sirih yang dapat kamu peroleh.

Menghentikan Mimisan

Masyarakat di desa umumnya sudah mengenal manfaat sirih untuk mimisan. Saat hidung kita tiba-tiba berdarah atau mimisan maka ibu langsung mencari daun sirih untuk menghentikan pendarahannya. Terbukti ampuh, mimisan pun langsung berhenti. Jika kamu sering merasa mimisan, menanam tanaman sirih bisa jadi pilihan yang tepat. Cara menghentikan mimisan dengan daun sirih cukup mudah, gulung daun sirih yang sudah dicuci bersih dan masukkan ke lubang hidung. Darah pun akan berhenti mengalir tidak lama kemudian. 

Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengunyah daun sirih terbukti ampuh membantu menyegarkan nafas dan membersihkan mulut. Dengan sifat antiseptik di dalamnya, daun sirih memiliki manfaat untuk melindungi mulut dari kuman, bakteri dan patogen lainnya. Hasilnya gigi menjadi terhindar dari kerusakan seperti gigi berlubang yang disebabkan oleh bakteri dalam mulut. Selain itu gusi juga menjadi lebih kuat. Jika kamu tidak terbiasa mengunyah langsung daun sirih, berkumur dengan air rebusannya juga bisa menjadi salah salah satu opsi memanfaatkan daun sirih. 

Menangkal Radikal Bebas

Daun sirih adalah sumber antioksidan yang baik. Seperti yang sudah diketahui, antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas seperti polusi dan paparan sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu efek dari radikal bebas baik dari luar yakni pada kulit maupun dari dalam berupa sel-sel kanker dapat dicegah. 

Mengontrol Gula Darah

Mengkonsumsi daun sirih dengan teratur dipercaya dapat mengurangi risiko terkena diabetes serta mengobatinya bagi yang sudah memiliki diabetes. Daun sirih mengandung nutrisi baik seperti riboflavin dan vitamin C yang mampu mengontrol kadar gula darah.

Bagus untuk Menjaga Pernafasan

Manfaat lain dari daun sirih bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan pernafasan. Minum air rebusan daun sirih secara teratur dapat meredakan batuk sebab kandungan antibiotik di dalamnya mampu mengurangi peradangan di tenggorokan. Gangguan pernapasan lain seperti asma juga bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi daun sirih. Kamu juga bisa menambahkan kayu manis pada air rebusan sirih untuk menambah rasa.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari daun sirih. Jadi jangan remehkan daun yang suka dikunyah oleh nenek kita ini. Coba rutin memanfaatkannya untuk mendapat khasiat kesehatan yang baik.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading