Sukses

Health

Benarkah Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Depresi? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita yang menganggap bahwa ibu rumah tangga adalah seseorang yang bahagia dan nyaman dengan hidupnya. Seharian berada di rumah dan mengasuh anak-anak juga mengurus keluarga, tidak jarang dinilai sebagai aktivitas yang ringan serta menyenangkan. Namun jangan salah Sahabat Fimela, beberapa ahli mengungkapkan jika ibu rumah tangga adalah sosok yang ternyata rentan terhadap stres bahkan depresi. 

Ibu rumah tangga yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak menutup kemungkinan untuk lebih rentan terhadap depresi. Kenapa bisa begitu?

Penyebab Depresi pada Ibu Rumah Tangga

Mengutip dari laman parents.com, menurut Melinda Paige, Ph.D., profesor konseling kesehatan mental klinis di Argosy University, Atlanta, kurangnya interaksi sosial karena terlalu banyak menghabiskan waktu di rumah adalah pemicu depresi pada ibu rumah tangga. Ia juga mengatakan perasaan terisolasi, kehilangan tujuan dan identitas, menjadikan ibu rumah tangga lebih rentan terhadap stres serta depresi. 

Dalam mengatur rumah tangga, ini bukan suatu yang mudah atau gampang dilakukan. Butuh fisik serta psikis yang prima agar semua berjalan lancar. Waktu yang terkuras untuk mengurus rumah tangga, ini bisa membuat Mom tidak memperhatikan dirinya sendiri dengan lebih baik. Inilah yang kemudian membuat Mom mengalami penurunan rasa percaya diri. Penurunan rasa percaya diri ini yang kemudian meningkatkan stres hingga depresi.

Depresi Berpengaruh pada Pola Asuh Anak

Depresi pada ibu rumah tangga bisa berpengaruh pada pola asuh anak. Ibu dengan risiko depresi tidak menutup kemungkinan akan menularkan stres dan depresi ke anak. Para ahli mengungkapkan jika ibu rumah tangga yang mengalami depresi cenderung bersikap tidak ramah, rentan memarahi anak, emosi dan membentak anak. 

Emosi yang negatif ini kemudian bisa berpengaruh pada perkembangan anak. Anak dari ibu yang depresi dan mengasuh dengan cara kurang tepat, akan lebih mungkin menjadi tertutup, pendiam, pendendam bahkan memendam perasaannya sendiri. 

Itulah sekilas mengenai depresi pada ibu rumah tangga. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading