Sukses

Health

6 Penyebab Badan Sering Kedinginan Pertanda Masalah Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Merasa kedinginan merupakan salah satu hal yang normal terutama di musim hujan saat ini, tetapi pernahkah kamu menyadari bahwa meresa terus-menerus merasa kedinginan saat tidak berada di suhu yang lebih dingin? Banyak orang yang memiliki tubuh hangat dan jarang merasa kedinginan.

Ternyata beberapa masalah medis juga dapat menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki tubuh yang dingin. Beberapa orang juga biasanya akan cenderung merasa lebih dingin daripada yang lain tanpa adanya penyebab yang jelas.

Ternyata tubuh yang merasa dingin dapat berpengaruh pada jenis kelamin, biasanya seorang perempuan akan cenderung merasa kedinginan sepanjang waktu. Sedangkan laki-laki jarang mengalami badan yang kedinginan, berikut beberapa penyebab badan sering kedinginan yang sering bikin penasaran:

1. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme dapat terjadi ketika tiroid akan menghasilkan lebih banyak jumlah hormon yang lebih rendah daripada yang digunakan tubuh untuk mengatur metabolism serta suhu tubuh seseorang. Tanpa jumlah hormon yang diperlukan sendiri maka akan membuat metabolism melambat serta menghasilkan suhu tubuh yang cukup rendah.

2. Anemia

Anemia dapat terjadi ketika seseorang tidak cukup memiliki sel darah merah yang beredar serta dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu dari gejala anemia adalah suhu tubuh yang selalu merasa dingin karena disebabkan oleh kekurangan oksigen, brikut beberapa gejala lain yang dapat meliputi:

  • Kelemahan serta kelelahan.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Kesulitan bernapas.
  • Peningkatan denyut jantung.
  • Sakit kepala.

3. Berat Badan yang Rendah

Berat badan yang rendah terkadang dapat menandakan bahwa adanya kekurangan tingkat lemak tubuh yang cukup untuk melindungi tubuh dari suhu yang dingin. Selain itu berat badan yang kurang biasanya menandakan bahwa kamu memiliki lebih sedikit jaringan lemak.

4. Dehidrasi

Jika kamu sedang olahraga dan tidak cukup air minum biasanya akan mengalami dehidrasi, 60% tubuh manusia adalah air dan air sendiri akan membantu serta mengatur suhu tubuh seseorang. Jika kamu memiliki sedikit air dalam tubuh biasanya akan membuat tubuh sangat sensitif pada suhu yang sangat ekstrem, berikut beberapa gejala dari dehidrasi yang mungkin terjadi:

  • Pusing.
  • Kebingungan.
  • Kram otot.
  • Kelelahan.

5. Diabetes

Diabetes yang tidak dikendalikan biasanya akan menyebabkan beberapa kondisi yag disebut sebagai neuropati perifer, atau kondisi yang daoat merusak saraf di bagian tangan maupun kaki. Ketika berkembang maka seeorang akan mengalami mati rasa dan terkadang akan menyebabkan nyeri di bagian tangan maupun kaki.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur sendiri dapat menyebabkan sistem saraf yang rusak terutama dapat mengubah sistem pengatur suhu tubuh, ketika kamu merasa lelah di malam yang gelisah maka metabolism akan bekerja pada kecepatan yang melambat. Seseorang yang memiliki masalah metabolism juga akan merasa selalu dingin. Untuk hal ini sangat penting memiliki waktu tidur yang cukup di setiap malam harinya.

Jika kamu merasakan intoleransi pada dingin atau mengalami beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk menghubungi dokter. Beberapa orang terkadang akan cenderung merasa lebih dingin dari biasanya, tetapi jika kamu mengalami intoleransi dingin dari biasanya dapat mengindikasikan beberapa kondisi yang mendasarinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading