Sukses

Health

8 Vitamin yang Membantu Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Bercahaya

Fimela.com, Jakarta Kulit memiliki peran penting dan merupakan organ yang paling mendominasi pada tubuh. Kulit sehat juga banyak diinginkan oleh semua orang. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit pada tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin.

Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan serta beberapa aspek kesehatan lainnya, termasuk kesehatan kulit. Vitamin tertentu terlibat dalam regenerasi sel, produksi kolagen, perlindungan terhadap bintik matahari dan faktor lain yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Dilansir dari healthline.com dan vedix.com, vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi suplemen vitamin tertentu dapat membawa rutinitas perawatan kulit ke tingkat berikutnya untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Vitamin yang baik untuk kulit

Vitamin A

Vitamin A populer digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit karena sifat antioksidannya. Vitamin A (juga dikenal sebagai retinol) tidak hanya sangat baik untuk penglihatan tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Serum, tabir surya, dan pelembap kemungkinan besar mengandung vitamin A.

Vitamin A juga baik untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini, mencegah keriput, kulit kendur, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, anti jerawat, mengurangi risiko kanker kulit. Makanan yang mengandung Vitamin A, antara lain ubi jalar, wortel, bayam, mangga, telur, sereal, dan minyak hati ikan kod.

Vitamin C

Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit). Sifat melawan kanker (antioksidan), dan perannya dalam produksi kolagen membantu menjaga kesehatan kulit. Inilah sebabnya mengapa vitamin C adalah salah satu bahan utama yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit anti-aging.

Asupan vitamin C yang cukup juga dapat memperbaiki kulit yang kering dan kusam, menghidrasi kulit, meredakan peradangan, menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari dan flek hitam, menghilangkan garis-garis halus dan kecokelatan, dapat mengobati hiperpigmentasi.

Vitamin D

Vitamin D paling sering dibuat ketika sinar matahari diserap oleh kulit. Mungkin telah diberitahu untuk menghindari sinar matahari untuk melindungi kulit, namun sedikit waktu di bawah sinar matahari juga disarankan.

Panas yang berlebihan tidak pernah baik untuk bagian tubuh mana pun dan harus memakai tabir surya sebelum melangkah keluar. 10-20 menit paparan sinar matahari di pagi hari sudah cukup untuk mendapatkan dosis harian Vitamin D Anda. Jauhi sinar matahari selama jam sibuk (10 pagi sampai 2 siang).

Vitamin D bisa mengurangi peradangan kulit kronis , menjaga kulit tetap ternutrisi dan bercahaya, mengurangi gatal dan iritasi, membantu menyembuhkan psoriasis. Vitamin D juga dapat diambil melalui makanan dan suplemen tertentu. Juga menciptakan sel-sel sehat dalam tubuh, mulai dari ikan seperti salmon, tuna, dan sarden, kuning telur, jamur, sebagian besar susu diperkaya dengan vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang melayani sejumlah tujuan untuk menjaga kesehatan kulit. Biasanya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dalam keseimbangan yang tepat, sebum membantu menjaga kondisi kulit dan mencegah kulit kering.

Vitamin E menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya dari rasa teriritasi. Selain itu, vitamin E dapat mencegah flek hitam, jerawat, peradangan dan kerutan, memperlambat penuaan kulit, sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Makanan yang mengandung Vitamin E, antara lain kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah dan kenari, biji bunga matahari, alpukat, bayam, tomat, mangga, minyak kelapa

Vitamin K

Vitamin K memainkan peran utama dalam mengobati sejumlah kondisi dan masalah kulit. Vitamin K merupakan kunci dalam mengobati memar dan bekas luka karena sifat pembekuan darahnya. Inilah sebabnya mengapa banyak salep kulit topikal memiliki Vitamin K sebagai bahan utama, terutama yang dioleskan pada luka bedah dan jahitan.

Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu, seperti, stretch marks, spider veins, bekas luka, dark spots, mata panda, dan bengkak. Makanan yang mengandung Vitamin K, seperti sayuran berdaun hijau seperti selada, kubis, bayam, kacang-kacangan, kecambah, telur, ikan.

Vitamin B3

Vitamin B3 (juga dikenal sebagai niasin) adalah pilihan terbaik Anda untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah seperti kerutan dan perubahan warna. Ini mengunci kadar air kulit, memperbaiki lapisan epidermis, dan meningkatkan kehalusan. Vitamin ini juga penting untuk sel darah dan memberi kulit yang sehat.

Hadir di sebagian besar produk perawatan kulit anti-penuaan di pasaran, vitamin B3 tidak ditemukan dalam tubuh secara alami, sehingga konsumsi atau aplikasi luarnya menjadi penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat vitamin B3 antara lain. mengurangi peradangan, meminimalkan munculnya pori-pori dan bintik-bintik penuaan, memperkuat penghalang kulit, mencerahkan kulit, menenangkan kondisi kulit seperti eksim. Makanan yang mengandung Vitamin B3, antara lain Spirulina, kopi, dedak padi, kacang tanah, biji chia, daging

Vitamin B5

Vitamin B5 (juga dikenal sebagai panthenol) membantu pembaruan sel darah merah dan menjaga kesehatan kulit dengan mengobati jerawat dan kekeringan. Hal ini terutama dikenal untuk mencegah kehilangan air dari kulit dan yakinlah, setiap produk perawatan kulit yang mengandung vitamin B5 secara alami menghidrasi.

Manfaat dari vitamin B5, seperti menjadikan kulit lebih cerah dan kenyal, mengurangi hilangnya kelembapan, anti inflamasi, menenangkan kulit yang teriritasi, menjaga elastisitas kulit, menyembuhkan luka. Makanan kaya vitamin B5, antara lain biji-bijian utuh, alpukat, ayam, sayuran hijau seperti brokoli dan kubis, ubi jalar, kacang polong, jamur, kacang-kacangan

Vitamin B12

Vitamin B12 (juga dikenal sebagai cobalamin) membantu pertumbuhan sel-sel baru di kulit. Ini juga menghasilkan kolagen dalam tubuh untuk menjaga kulit dan rambut ternutrisi dan beregenerasi. Vitamin B12 dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kondisi seperti psoriasis dan eksim.

Manfaat dari vitamin B12 adalah mengurangi peradangan, kemerahan, kekeringan dan jerawat, membuat kulit bercahaya. Makanan kaya vitamin B12, ini hanya ditemukan dalam produk hewani seperti daging, telur, ikan, dan susu. Jika kamu seorang vegetarian atau vegan, cara kamu bisa mengonsumsi vitamin B12 adalah makanan yang diperkaya dan suplemen makanan.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading