Sukses

Health

5 Manfaat Kiwi yang Kaya Manfaat Vitamin C

Fimela.com, Jakarta Kiwi adalah buah berbetuk bulat dengan dengan warna identik hijau. Rasanya asam segar dengan tekstur daging yang lembut. Meski kiwi tidak akrab dengan sebagian besar masyarakat Indonesia, namun keberadaannya dapat dengan mudah ditemukan di supermarket. 

Kandungan vitamin C pada buah kiwi sudah tidak diragukan lagi sehingga membawa banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu ada banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah yang satu ini. 

Dilansir dari Organic Facts, ini dia 5 manfaat dari buah kiwi. Yuk simak!

Menambah Imunitas Tubuh

Kiwi sangat bermanfaat dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Bahkan kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membantu penyakit musiman seperti pilek dan flu karena sifat antimikroba dan antijamur nya. Jadi konsumsi buah kiwi bisa juga dijadikan pengganti vitamin C yang biasa kamu minum untuk perkuat kekebalan tubuh.

Merawat Kulit dan Bertindak Sebagai Anti Penuaan

Kiwi kaya akan kandungan vitamin C, komponen fenolik, dan karotenoid yang mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit. Sebab kandungan ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Secara tidak langsung hal ini juga membuat kiwi sebagai buah yang baik untuk dijadikan sebagai anti penuaan. Karena radikal bebas yang menyerang kulit akan menyebabkan kerutan, flek hitam, dan wajah kusam. Kandungan vitamin C nya membantu kulit menjadi kencang. Kemudian ada juga vitamin E dalam kiwi membantu mengurangi garis-garis halus dan munculnya kerutan.

Baik untuk Kesehatan Mata

Dalam buah kiwi terdapat fitokimia lutein dan zeaxanthin yang berguna sebagai perawatan mata. Komponen bermanfaat ini bersama-sama dengan vitamin A mampu melindungi mata dari katarak, degenerasi makula seiring bertambahnya usia, dan gangguan penglihatan lainnya.

Memelihara Kesehatan Jantung

Buah kiwi juga kaya akan polifenol pelindung, vitamin C, vitamin E, serta kalium yang membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa bioaktif yang ada dalam kiwi dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Oleh sebab itu kiwi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung tertentu yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, seperti stroke dan serangan jantung.

Baik untuk Penderita Diabetes

Kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah yang mana berarti mengkonsumsinya tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini membuat kiwi sebagai buah yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi buah kiwi. Kamu bisa mengkreasikannya menjadi makanan yang enak sekaligus menyehatkan. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading