Sukses

Health

5 Manfaat Saat Kamu Mengkonsumsi Kopi dengan Jumlah yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Apa hal yang pertama kali hadir di pikiran kita saat membahas tentang kopi? Kafein sudah tentu akan menjadi hal pertama yang hinggap di otak kita. Tidak salah sebab kopi mengandung kafein yang jika dikonsumsi berlebihan akan mengganggu kesehatan tubuh. Jantungmu akan berdetak lebih kencang, kamu merasa cemas, dan bahkan memiliki gangguan tidur. 

Namun hal yang perlu digaris bawahi adalah selain mengandung kafein kopi juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi konsumsi kopi juga akan memberi manfaat baik untuk tubuh. Dengan catatan bahwa kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. 3-4 cangkir kopi per hari sudah cukup untuk memperoleh manfaatnya, selain itu juga perhatikan seberapa banyak gula dan krimer yang kamu tambahkan. Karena semakin banyak gula atau pemanis buatan lainnya semakin sedikit manfaat kesehatan yang diperoleh. 

Dilansir dari heathline, ini dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kopi jika mengkonsumsinya dengan tepat. 

Menambah Semangat

Kandungan kafein di dalam kopi terkenal mampu meningkatkan energi dan melawan kelelahan. Ini karena kafein memblokir adenosin, reseptor neurotransmitter yang membuat otak rileks dan tubuh merasa lelah. Sebaliknya, kafein malah meningkatkan kadar dopamin yang mengatur rasa senang sehingga tubuh tetap berenergi. Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan energi selama latihan bersepeda dan mengurangi tingkat kelelahan secara signifikan. Jika kamu merasa sering lelah dan malas untuk bergerak coba konsumsi kopi di pagi hari untuk menambah semangatmu.

Mengatasi Diabetes Tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam waktu jangka panjang. Sebuah ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Diduga hal ini terjadi karena kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas, sel yang bertanggung jawab atas produksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Ditambah lagi sebuah fakta jika kopi kaya akan antioksidan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme yang mana ketiganya mengambil peran dalam penyakit diabetes tipe 2.

Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan hasil beragam terkait efek kopi terhadap kesehatan. Mereka menunjukkan hasil positif dimana kopi dapat membantu melindungi otak dari serangan beberapa penyakit seperti parkinson dan alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Sebanyak 11 studi observasional pada lebih dari 29.000 orang juga menemukan hasil bahwa semakin banyak orang mengkonsumsi kopi, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dengan jumlah yang tepat turut mengambil peran dalam rendahnya risiko terkena demensia.

Mencegah Risiko Penyakit Hati/Liver

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari kopi adalah kemampuannya memelihara kesehatan hati yang juga telah dibuktikan di beberapa penelitian. Sebagai contoh sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari dua cangkir kopi per hari dapat menurunkan gejala sirosis dan kanker hati pada orang yang sudah memiliki penyakit liver. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa semakin banyak minum kopi maka semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Kurang lebih minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah.

Menjaga Berat Badan

Beberapa penelitian menghasilkan bahwa kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus. Yang mana hal ini berarti kopi selainkan menyehatkan usus juga membantu menjaga berat badan. Dalam sebuah menunjukkan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada wanita. Selain itu penelitian lain menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari mendapat 17% lebih kemungkinan untuk terus beraktivitas fisik. Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi atau aktif bergerak dapat membantu kita mengatur berat badan.

Dengan jumlah yang tepat kamu bisa mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan kopi. Namun begitu kamu juga harus mengetahui tentang bagaimana reaksi tubuhmu terhadap kopi, ada orang yang biasa-biasa saja namun ada juga yang intoleran dengan kopi. Untuk ibu hamil dan menyusui juga perlu diperhatikan konsumsi kopinya. Lebih baik berkonsultasi ke dokter langganan jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu dan khawatir konsumsi kopi akan mempengaruhi. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading