Sukses

Health

Studi: Konsumsi Makanan Pedas Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, makanan pedas merupakan makanan favorit. Banyak orang yang tak bisa menolak makanan pedas. Konsumsi makanan pedas bisa mendatangkan sensasi tersendiri saat makan. Ini bahkan bisa meningkatkan nafsu makan. 

Apakah Sahabat Fimela juga termasuk pribadi yang suka makan pedas? Makan pedas dinilai memberikan banyak buat kesehatan. Dengan catatan, makan pedas ini dilakukan dengan porsi yang tepat atau tidak berlebihan. Mengutip dari laman healthline.com, salah satu manfaat makan pedas adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Benarkah demikian?

Manfaat Makan Pedas

Makanan pedas seperti halnya cabai mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengutip dari laman medicaldaily.com, penelitian menemukan jika orang-orang yang suka makan pedas umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Orang-orang ini juga diketahui lebih kebal terhadap rasa sakit dibandingkan dengan orang yang tak suka makanan pedas. 

Selain itu, makan pedas ternyata memiliki banyak manfaat mengagumkan untuk tubuh. Beberapa manfaat tersebut antaranya menyehatkan jantung, membantu bakar kalori dan turunkan berat badan lebih baik, meredakan dan mengatasi gejala flu, memperbaiki suasan hati dan bikin tidur makin nyenyak. Para ahli juga percaya jika makan pedas dalam porsi tepat setiap harinya bisa bantu melancarkan sistem pencernaan dan menguatkan sistem pencernaan.

Makan Pedas Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam BMC Obesity menunjukkan menambahkan capsaicin (yang ditemukan dalam cabai pedas) ke dalam makanan bisa meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Sementara itu, mengutip dari laman livescience.com, studi lain dalam Chemical Sense menemukan jika capsaicin dan capsiate bisa meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak dalam tubuh. 

Theresa Gentile, MS, RDN, CDN, seorang ahli diet bersertifikat mengatakan, “capsaicin dan capsiate bermanfaat menigkatkan sistem metabolisme tubuh. Konsumsi dalam jumlah tinggi bahkan bisa bantu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.”

Itulah sekilas mengenai manfaat konsumsi makanan pedas untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski makanan pedas bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan, konsumsi makanan pedas tak baoleh dilakukan secara berlebihan. Konsumsi makanan pedas secara berlebihan justru bisa berbahaya buat kesehatan.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading