Sukses

Health

5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Atasi Sembelit

Fimela.com, Jakarta Sembelit atau sulit Buang Air Besar (BAB) merupakan masalah yang umum terjadi. Sembelit adalah kondisi yang bikin perut terasa sangat tidak nyaman. Hal ini juga sering membuat kita merasa sangat terganggu untuk melakukan aktivitas harian. Kabar baiknya, sembelit bisa diatasi dengan mudah melalui makanan. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan yang bermanfaat melancarkan BAB atau mengatasi sembelit. Makanan ini sebaiknya diperbanyak dikonsumsi saat sembelit. Apa saja?

Sayuran Hijau

Makanan pertama untuk mengatasi sembelit yakni sayuran hijau. Sayuran hijau kaya akan serat di dalamnya. Bayam, brokoli, kubis, kangkung dan sejenis adalah makanan kaya serat yang baik untuk sistem pencernaan. Makanan ini bisa melancarkan BAB dengan sangat baik.

Buah Apel

Buah apel adalah salah satu buah terbaik yang penting dikonsumsi setiap hari. Buah apel mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk kesehatan. Buah apel juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Apel mengandung serat larut air yang disebut pektin. Pektin sendiri bermanfaat untuk melunakkan tinja dalam usus besar. Ini bisa mempercepat proses pembuangan tinja atau BAB.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga merupakan makanan yang bermanfaat mengatasi sembelit. Sama dengan apel, ubi jalar juga mengandung pektin di dalamnya. Inilah yang membuat ubi jalar menjadi makanan terbaik untuk mengatasi masalah sembelit.

Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh ternyata juga bermanfaat mengatasi sembelit. Jika kamu penyuka roti dan sedang sembelit, cobalah untuk mengganti roti harian dengan roti gandum utuh. Roti gandum utuh mengandum lebih banyak serta dan kerbohidrat kompleks yang memudahkan tinja keluar lewat aktivitas BAB.

Buah Kiwi

Selain apel, buah kiwi juga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan BAB. Buah kiwi kaya akan serat yang bisa melancarkan proses pencernaan. Buah kiwi menjadi salah satu buah terbaik untuk kesehatan terutama kesehatan sistem pencernaan.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit. Tanpa minum obat, sembelit sebenarnya bisa diatasi dengan mudah lewat pemilihan makanan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading