Sukses

Parenting

5 Info Penting tentang Sembelit saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, kondisi tubuh akan berbeda dari sebelumnya. Banyak penyesuaian baru yang terjadi seiring dengan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu. Salah satu hal yang kerap dialami dan dikeluhkan selama kehamilan adalah sembelit.

Ibu hamil rentan mengalami sembelit. Apalagi kalau pola makan belum seimbang atau mengalami gangguan nafsu makan, ibu hamil akan kerap mengalami sembelit. Kali ini kita akan coba bahas lima hal penting terkait sembelit pada ibu hamil. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Disebabkan Perubahan Hormon

Mengutip buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, sembelit selama kehamilan disebabkan perubahan hormon. Beberapa hormon kehamilan mengakibatkan usus lebih malas bergerak, sehingga kadang menghambat proses buang air besar. Meskipun begitu, perubahan hormon ini terjadi sebagai salah satu bentuk adaptasi tubuh terhadap kehamilan.

2. Konsumsi Vitamin Zat Penambah Darah Juga Berpengaruh

Selama kehamilan, seorang ibu perlu mencukupi asupan zat besi dalam tubuh. Kadang dokter memberi resep vitamin zat penambah darah demi kelancaran kehamilan. Konsumsi vitamin zat penambah darah ini bisa memberi efek samping yang berupa sembelit.

 

 

3. Pentingnya Mengonsumsi Makanan Berserat

Satu cara mudah untuk menghindair sembelit adalah mengonsumsi makanan berserat. Konsumsi sayur dan buah yang kaya serat bisa dilakukan untuk menghindari sembelit.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih yang cukup perlu dilakukan selama kehamilan. Dalam sehari, ibu hamil bisa membutuhkan dua hingga tiga liter air. Konsumsi air putih rutin dan berkala bisa membantu mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi.

5. Cari Tempat Duduk yang Ada Ganjalannya

Saat duduk, usahakan mencari tempat duduk yang ada bantalannya atau ganjalan. Memilih tempat duduk yang ada ganjalannya bisa bantu melancarkan kebiasaan buang air besar selama kehamilan. Kalau masalah sembelit atau sulit buang air besar tak kunjung membaik, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Itu tadi lima hal penting yang perlu diketahui tentang sembelit selama kehamilan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading