Sukses

Health

Penyebab Sakit Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tenggorokan adalah salah satu anggota tubuh yang penting. Tenggorokan membantu mulut dalam membawa makanan menuju lambung. Jika tenggorokan bermasalah, maka fungsi dari tenggorokan pun jadi terganggu. Kamu akan jadi kesulitan menelan makanan. Bahkan menelan minum saja rasanya sakit.

Sakit tenggorokan memang rasanya sangat tidak nyaman. Meskipun sakit tenggorokan memang suatu hal yang cukup lumrah terjadi dan telah dialami oleh kebanyakan orang, namun sakit tenggorokan tidak boleh disepelekan. Sakit tenggorokan bisa semakin parah jika tidak segera ditangani dengan benar.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Berikut penyebab sakit tenggorokan dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Tenggorokan

1. Pilek

Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) yang disebabkan oleh virus, seperti batuk pilek, adalah penyebab paling sakit tenggorokan akut yang paling umum. Biasanya kamu akan merasakan tenggorokan terasa panas atau sakit yang beriringan dengan demam dan hidung tersumbat.

Beberapa dari virus ini bahkan dapat langsung menyerang tenggorokan, mengakibatkan terbentuknya koreng kecil di lapisan faring yang lembut di atas permukaan amandel. Akibat dari virus ini nantinya bisa memicu sensasi terbakar atau panas pada tenggorokan.

2. Infeksi bakteri

Penyebab sakit tenggorokan selanjutnya adalah infeksi bakteri, dalam istilah medis dikenal dengan sebutan strep throat atau tonsilitis.

Strep throat atau radang tenggorokan akibat bakteri streptococcus ini persentasenya hanya sekitar 10 persen dari penyakit yang sering kali menimbulkan keluhan berupa sakit tenggorokan akut pada orang dewasa. Sisanya yang terbanyak karena virus seperti dua kondisi yang disebutkan sebelumnya.

Berbeda dengan pilek, Strep throat biasanya tidak menimbulkan bersin, hidung mampet, atau batuk terlebih dahulu ketika kamu mengeluh sakit tenggorokan. Biasanya gejala yang muncul adalah sakit tenggorokan yang dimulai dengan cepat dan dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan. Mungkin juga akan muncul gejala lain seperti bau mulut, demam, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

3. Alergi

Penyebab sakit tenggorokan selanjutnya yaitu alergi yang biasanya diakibatkan oleh zat-zat alergi seperti debu atau makanan yang menyebabkan gejala seperti mata berair, bersin, pilek dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Penyebab sakit tenggorokan akibat alergi juga bisa datang dari faktor luar tubuh seperti makanan misalnya, dan tanda-tandanya mungkin sangat samar sehingga Anda tidak menduganya sama sekali. Sakit yang disebabkan biasanya berupa iritasi tenggorokan, mulut gatal, atau masalah perut seperti kram atau diare.

4. Dehidrasi

Dehidrasi atau kurang minum air putih tak hanya sekadar membuat kita dehidrasi, tapi tenggorokan pun juga bisa kering. Keringnya tenggorokan bakal memicu rasa garing dan gatal yang tak berkesudahan. Jika tak segera minum air putih, akibatnya adalah tenggorokan menjadi sakit dan meradang.

5. Merokok

Kebiasaan merokok atau sering terkena dan menghirup asap rokok akan memicu radang di tenggorokan. Pada umumnya, kondisi radang tenggorokan akibat kebiasaan merokok akan terjadi secara persisten. Radang takkan membaik dengan cepat bila selama sakit masih merokok juga.

Cara Mengatasinya

1. Berkumur dengan Air Garam

Telah dibuktikan oleh banyak orang yang sakit radang tenggorokan, berkumur-kumur menggunakan air asin termasuk efektif. Kumurlah sehari beberapa kali menggunakan air garam yang hangat. Bila ada bengkak atau benjolan di tenggorokan, ini pun akan hilang. Bakteri dan iritasi akan dapat diusir juga dari tenggorokan kita. Caranya cukup melarutkan setengah sendok teh garam ke secangkir air putih.

2. Minum Obat Batuk Cair

Walau belum sampai pada tahap batuk, radang tenggorokan juga dapat diatasi secara ampuh menggunakan obat batuk cair. Ada kelegaan juga yang diberikan oleh obat batuk model sirup untuk tenggorokan kita yang sakit.

3. Minum Teh Hangat

Teh herbal apalagi yang hangat akan selalu berguna dalam melegakan dan mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Teh non-herbal pun juga oke karena mereka tersedia dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan tersebutlah yang akan membuat sistem imun kita menguat dan jauh dari infeksi.

4. Banyak Minum Air Putih

Radang yang terjadi dapat disebabkan oleh kurangnya kita minum air putih. Agar tidak kering dan radang bisa cepat sembuh, minumlah 8-10 gelas air putih. Bila ingin, tambahkan madu sesendok teh saja

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading