Sukses

Health

5 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit per Hari untuk Kesehatanmu

Fimela.com, Jakarta Olahraga rutin menjadi salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai kenyamanan dan kebutuhan. Kalau kamu merasa masih kesulitan dalam memilih jenis olahraga tertentu, kamu bisa memulainya dari cara paling sederhana.

Jalan kaki 30 menit per hari bisa jadi awal yang baik untuk membangun rutinitas olahraga. Melansir laman Shape.com, jalan kaki bisa memberi manfaat yang bagus untuk kondisi fisik dan mentalmu. Selengkapnya, simak rangkumannya di bawah ini.

1. Memperkuat Otot

Jalan kaki bisa bantu memperkuat otot, khususnya otot kaki. Saat ketahanan dan kekuatan otot kaki bagus, maka kita bisa lebih mudah bergerak. Kemampuan bergerak dengan aktif juga akan memudahkan kita untuk melakukan aktivitas fisik yang lain. Selain itu, jalan kaki juga bisa bantu membakar kalori tubuh.

2. Mengurangi Stres

Saat merasa stres, suntuk, atau jenuh, cobalah untuk jalan kaki. Jalan kaki bisa memberi bantu mengurangi stres. Karena saat jalan kaki, pikiran kita akan lebih mindful. Hal-hal yang tadinya menumpuk di dalam kepala pun perlahan bisa terurai.

 

 

3. Memperkuat Sendi

Jalan kaki bisa bantu memperkuat sendi-sendi tulang. Berjalan kaki membuat otot-otot di sekitar sendi berkontraksi dan berelaksasi. Ini bisa bantu memperkuat sendi dan mencegah cedera. Kalau kamu ingin berolahraga tapi masih butuh pemanasan, cobalah untuk berjalan kaki lebih dulu.

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Jalan kaki 30 menit per hari bisa bantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Disarankan untuk latihan jalan kaki cepat untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi, kalau selama ini merasa kurang gerak dan kurang olahraga, coba luangkan 30 menit untuk jalan kaki demi kesehatan diri.

5. Membantu Mengurangi Berat Badan

Sedang diet atau berusaha mengurangi berat badan? Cobalah untuk memasukkan aktivitas jalan kaki dalam jadwal harianmu. Rutin jalan kaki 30 menit per hari selama sepekan bisa bantu menurunkan berat badan sebanyak 1 kg. Selama diimbangi dengan pola makan sehat, mencapai berat badan proporsional bisa lebih mudah dilakukan.

Itu tadi lima manfaat yang bisa didapatkan saat rutin jalan kaki setiap hari. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading