Sukses

Health

5 Tips Makan Pedas Tanpa Sakit Perut, Tak Perlu Khawatir Mulas!

Fimela.com, Jakarta Makanan dengan cita rasa pedas merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Makan tanpa rasa pedas, akan dinilai kurang nikmat dan kurang menantang. Studi menemukan jika makanan pedas juga mengandung zat tertentu yang bisa menambah nafsu makan. Tak heran, jika makanan ini sangat idola untuk sebagai besar orang. 

Meski lezat, sayangnya makanan pedas bisa menimbulkan beberapa efek buruk. Salah satunya adalah efek perut mulas atau sakit. Makan pedas tidak jarang juga menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. Lantas, bagaimana kira-kira agar perut kita tetap nyaman setelah makan pedas? 

Buat kamu yang hobi dengan makanan pedas, cobalah tips berikut. Ini akan membantumu tak perlu khawatir mulas setelah makan pedas

Minum Susu

Setelah makan pedas, sebaiknya minum susu. Minum susu bisa menetralisir rasa pedas di mulut bahkan di perut. Ini juga akan membuat perut terasa lebih nyaman dan anti mulas. Sebaiknya pilih susu murni tanpa tambahan gula atau pemanis dan perasa lainnya. 

Hindari Makan Pedas Saat Perut Kosong

Pastikan untuk tidak makan pedas saat perut kosong. Makan pedas saat perut kosong tak hanya membuat perut mulas, tetapi juga meningkatkan masalah sistem pencernaan lainnya. Sebaiknya, makan beberapa makanan dulu sebelum menyantap makanan pedas.

Batasi Porsi

Usahakan untuk membatasi porsi makanan pedas yang hendak dimakan. Makan pedas terlalu banyak bisa meningkatkan risiko perut mulas. Sebaiknya, konsumsi makanan pedas secukupnya saja. Porsi ini bisa menyesuaikan dengan kebiasaan makan sehari-hari.

Hindari Konsumsi Pedas Sebelum Tidur

Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur. Karena apa? Ini bisa menyebabkan perut mulas, diare bahkan meningkatkan risiko refluks asam lambung atau GERD. GERD adalah masalah kesehatan yang tak bisa diremehkah begitu saja. Ini bisa meningkatkan risiko sakit perut, kecemasan bahkan susah tidur.

Konsumsi Makanan Bertepung

Setelah makan pedas, disarankan untuk mengonsumsi makanan bertepung seperti roti, biskuit, keripik atau makanan tinggi karbohidrat lainnya. Makanan bertepung bisa memberikan lapisan pelindung ke dinding mulut maupun perut. Saat dinding mulut dan perut lebih terlindungi, ini juga bisa terhindar dari mulas atau pun rasa pedas berlebih akibat cabai. 

Itulah sekian tips yang bisa dilakukan untuk mencegah perut sakit atau mulas setelah konsumsi makanan pedas. Secinta apapun kamu akan makanan pedas, sebaiknya tetap bijak dalam mengonsumsi makanan pedas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading