Sukses

Health

Konsumsi Ikan Sarden Jadi Solusi Pemenuhan Protein Anak yang Lebih Terjangkau untuk Cegah Stunting

Fimela.com, Jakarta Stunting masih menjadi isu serius bagi pertumbuhan anak di Indonesia. Asupan nutrisi yang kurang pada anak salah satunya adalah protein. Untuk itu, Hari Gizi Nasional 2023 secara khusus mengangkat tema "Protein Hewani Cegah Stunting".

Di momen Hari Gizi Nasional ini pula, PT Heinz ABC Indonesia mengingatkan bahwa pemenuhi protein pada anak tidak harus mahal. Bisa dengan konsumsi ikan yang menjadi salah satu komoditas terbesar di Indonesia. ABC Indonesia pun menghadirkan varian terbaru Sarden ABC, yakni Sarden ABC Siap Goreng Bumbu Serundeng.

Varian ini menjadi produk inovasi ikan sarden dalam kemasan siap goreng (ready-to-fry) pertama di Indonesia. Diproduksi tanpa pengawet, pewarna dan pemanis sintetis, lengkap dengan gizi dari ikan sarden segar, diantaranya kandungan protein, vitamin D, B3, B12, mineral Kalsium dan Fosfor, serta asam lemak DHA, Omega 3 dan 6.

Cara penyajiannya-pun menjadi cara baru memasak sarden, tidak perlu menambahkan bumbu lain untuk mengurangi rasa amis dari karakter ikan sarden. Cukup dengan 3 langkah mudah, yakni membuka kemasan, menyaring ikan, dan digoreng.

 

Galakkan makan ikan

Sarden ABC siap goreng bumbu serundeng ini menghadirkan variasi cara baru memasak sarden bari para pecinta ikan sarden bagi para pecinta ikan sarden di tanah air, sekaligus mendukung gerakan #GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digalakkan pemerintah untuk pemenuhan gizi memerangi ancaman generasi stunting di Indonesia.

Angka Konsumsi Ikan (AKI) nasional masih menunjukkan tantangan yang nyata. Untuk itu, angka AKI nasional ditargetkan meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, target AKI Nasional 2022 adalah 59,53 kg/kapita/tahun dan ditargetkan meningkat menjadi 62,5 kg/kapita/tahun pada 2024. Selaras dengan hal ini, pemerintah terus menggelorakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan untuk membangun kesadaran gizi masyarakat dengan meningkatkan konsumsi ikan.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, ikan, termasuk ikan sarden, sebagai salah satu pangan bergizi, mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan serta pemenuhan kebutuhan gizi. Sarden merupakan sumber protein yang juga mengandung kebaikan vitamin D yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan pembentukan tulang.

 

Kandungan vitamin lengkap

Selain itu juga mengandung vitamin B3, B12 mineral Kalsium dan Fosfor, serta asam lemak DHA, Omega 3 dan 6. Vitamin B12 turut berperan dalam pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia.

“Berbagai penelitian membuktikan konsumsi ikan yang cukup pada ibu hamil berpengaruh pada pencegahan stunting hingga berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan saraf otak janin dan anak. Selain itu, kebiasaan konsumsi ikan yang cukup setiap hari turut mencegah penyakit jantung koroner, yang kejadiannya selama dekade terakhir meningkat di Indonesia," kata Prof Hardinsyah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading