Sukses

Health

7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Setiap orang perlu memperhatikan kadar kolesterolnya secara rutin. Biasanya, kadar kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala secara signifikan. Akan tetapi, sering menyebabkan kejadian tidak terduga seperti serangan jantung atau stroke. 

Tingginya kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Namun, tubuh akan memperingatkan kita untuk mengontrol kolesterol apabila kolesterol sedang tinggi.

Ada pun beberapa tanda kolesterol tinggi yang sangat penting untuk diketahui agar mendapatkan penanganan medis segera. Berikut tanda kolesterol tinggi yang harus kamu waspadai.

1. Nyeri di tangan dan kaki

Dilansir dari Mediacoverhospitals.in, penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah pada bagian kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol tersebut dapat membuat tangan dan kaki terasa nyeri dan sering kali membuat tidak nyaman.

2. Nyeri pada bagian dada sebelah kiri

Nyeri pada bagian dada, terutama di sisi kiri menandakan adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Terkadang, rasa nyeri tersebut bisa menyebar hingga ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan nyeri pada bagian dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

3. Sering mengalami kesemutan

Dilansir dari Express.co.uk, tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat membuat aliran darah menjadi kental sehingga memengaruhi aliran darah pada saraf. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kesemutan. Apabila kesemutan yang terjadi berlangsung dalam durasi yang cukup lama, bisa menjadi tanda kolesterol tinggi.

4. Sakit kepala bagian belakang

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala akibat adanya plak kolesterol. Hal tersebut menimbulkan rasa sakit kepala bagian belakang. Jika hal ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

5. Nyeri punggung bawah

Kolesterol yang tidak normal dalam tubuh juga dapat membuat nyeri pada punggung bagian bawah. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan plak yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Jika hal ini telat disadari, dapat memicu sarap terjepit karena kurangnya aliran darah ke belakang.

6. Penyakit kulit "Xanthoma"

Dilansir dari Healthline, Xanthoma merupakan timbunan lemak (lipid) lokal yang biasanya memengaruhi kulit, jaringan dibawah kulit, dan tendon. Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan bisul kulit seperti xanthoma atau komplikasi lainnya. Kondisi kulit yang disebabkan oleh kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat terjadi mulai dari gejala ringan hingga lebih parah. Hal ini disebabkan adanya kristal plak kolesterol pecah dan menyumbat pembuluh darah atau arteri. 

7. Arcus senilis

Dilansir dari Healthmatch.io, Arcus Senilis adalah gejala lain yang disebabkan kelebihan lipid yang bocor ke area sekitar kornea. Hal ini ditandai dengan cincin putih, biru, atau abu-abu di sekitar kornea bagian mata. Sebenarnya, cincin ini tidak memengaruhi kemampuan untuk melihat tetapi menjadi tanda peringatan bahwa kemungkinan kolesterol dalam tubuh sedang tinggi. Cincin tersebut mungkin dimulai dari bagian atas atau bawah mata Anda, perlahan-lahan menyebar hingga menjadi cincin yang utuh.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading