Sukses

Health

4 Kebiasaan Sederhana dan Sehat untuk Cegah Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Penyebab rambut rontok bisa dikarenakan berbagai macam hal. Mulai dari gen, gangguan penyakit, hingga pola makan. Kalau kondisi rambut rontok yang kita alami parah dan mengkhawatirkan, memang ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Kali ini kita akan membahas empat kebiasaan sederhana dan sehat yang bisa dilakukan untuk bantu cegah rambut rontok. Melansir laman Web MD, perubahan gaya hidup bisa bantu jaga kesehatan rambut. Seperti empat cara berikut ini yang menunjang pola hidup yang lebih sehat sekaligus cegah rambut rontok berlebihan.

 

 

1. Kelola Stres

Menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan di jurnal Skin Appendage Disorders, stres bisa meningkatkan inflamasi pada folikel dan menyebabkan penipisan rambut. Mengurangi stres bisa membantu rambut terhindar dari inflamasi dan bisa memenuhi siklus pertumbuhan alaminya dengan lebih baik. Maka dari itu, dalam keseharian penting bagi kita untuk mengelola stres dengan lebih baik agar rambut tidak gampang rontok.

 

 

2. Pijat Kulit Kepala

Luangkan waktu lima menit untuk memijat kulit kepala. Metode sederhana ini bisa bantu memperlancar aliran darah ke folikel rambut. Serta, pijatan di kulit kepala juga bisa bantu meredakan stres.

 

 

3. Kurangi Makanan Manis dan Makanan Olahan

Kurangi makanan yang terlalu manis dan makanan olahan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein sehat, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Serta, cukupi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

 

4. Konsumsi Suplemen Bila Perlu

Kalau kita mengalami kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut rontok, kita bisa mengonsumsi suplemen. Suplemen yang dikonsumsi bisa meliputi biotin, protein, zat besi, asam lemak omega-3, dan seng. Berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

Empat kebiasaan sederhana di atas bisa menjadi langkah awal untuk mencegah rambut rontok. Semoga infonya  bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading