Sukses

Health

5 Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup

Fimela.com, Jakarta Mengantuk adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Namun, hal ini menjadi suatu yang tak wajar jika terjadi secara berlebihan. Pernahkah kamu merasa sering mengantuk meski sudah memiliki waktu tidur cukup setiap harinya? Jika iya, jangan sepelekan kondisi ini. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa penyebab kenapa seseorang sering mengantuk meski sudah memiliki tidur cukup. Beberapa penyebab ternyata berhubungan dengan kondisi kesehatan. Baik untuk kesehatan fisik pun kesehatan psikis. Untuk mengetahui lebih jelas penyebab sering mengantuk, coba simak beberapa penyebab mengantuk berikut ini.

Kurang Gerak

Para ahli menyebutkan jika kurang gerak bisa menyebabkan seseorang lebih sering merasa mengantuk. Tubuh yang kurang gerak atau kurang beraktivitas, akan rentan mudah lelah dan letih. Saat tubuh lelah, alhasil ia pun akan semakin sering mengantuk. Tubuh yang kurang gerak akan cenderung kurang bernergi dan meningkatkan berbagai masalah kesehatan berbahaya.

Kekurangan Cairan

Ketika tubuh kekurangan cairan, ini juga meningkatkan risiko mudah mengantuk. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh terasa lebih lelah, volume darah berkurang, jantung bekerja ekstra keras dan dehidrasi. Ini kemudian membuatmu merasa mudah mengantuk meski sudah memiliki waktu tidur cukup setiap harinya.

Melewatkan Sarapan

Bagi beberapa orang, sarapan sering dilewatkan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Tapi tahukah kamu, melewatkan sarapan bisa memberikan banyak dampak negatif ke tubuh. Salah satu dampaknya adalah membuat tubuh mudah lelah dan sering mengantuk. Melewatkan sarapan juga bikin sistem pencernaan bekerja secara tidak maksimal.

Kekurangan Nutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi juga rentan mudah mengantuk. Untuk itu, penting bagi kita memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara seimbang. Pastikan untuk konsumsi makanan yang tinggi zat besi, kalsium, magnesium dan vitamin B agar tubuh lebih bugar, segar dan tak mudah mengantuk.

Stres dan Gangguan Kecemasan

Penyebab lain dari sering mengantuk adalah stres dan gangguan kecemasan. Kesehatan mental yang cukup terganggu, membuatmu rentan mengantuk dan merasa lelah. Stres, cemas dan gangguan mental lainnya, bisa memperburuk kesehatan fisik secara menyeluruh. 

Itulah sekian penyebab kenapa kamu sering mengantuk meski sudah memiliki tidur cukup setiap harinya. Selain penyebab di atas, penyebab lain adalah gangguan hormon, kebiasaan bermain gawai sebelum tidur, adanya masalah kesehatan tertentu hingga perasaan bosan pada aktivitas yang sedang dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading