Sukses

Health

Zumba jadi Cara Menyenangkan untuk Mencegah Kanker Versi Denada

Fimela.com, Jakarta Kanker merupakan suatu kondisi di mana sel-sel pada bagian tubuh tertentu tumbuh dan berkembang biak secara abnormal dan tidak terkendali. Sel kanker ini dapat menyerang dan menghancurkan jaringan sehat di sekitarnya, termasuk organ tubuh. Dengan demikian, kanker menjadi suatu masalah kesehatan yang paling serius di dunia.

Dilansir dari WHO.int, kanker menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Terdapat sekitar 20 juta orang terdiagnosis menderita kanker pada tahun 2021 dan 10 juta orang meninggal akibat kanker. Kanker yang paling umum terjadi diantaranya kanker payudara, paru-paru, usu besar, dan prostat. Kematian akibat kanker, sebagian besar disebabkan penggunaan rokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, kurangnya asupan buah dan sayur, serta kurangnya aktivitas fisik.

Penyakit kanker memang dapat disembuhkan jika terdeteksi dini dan diobati secara efektif. Namun, akan lebih baik jika kita mencegah kanker dari sekarang dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kanker Sedunia pada tanggal 4 Februari 2023, Denada Tambunan salah satu artis Indonesia ingin mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko dan pencegahan kanker dengan aktif berolahraga, salah satunya melalui zumba.

"Semua orang dapat berisiko terkena kanker. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih waspada terhadap penyakit ini. Menurut saya, tidak ada salahnya melakukan pencegahan kanker sejak dini. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat dan aktif,” ujar Denada Tambunan, instruktur dan brand ambassador zumba dalam keterangan tertulis Selasa, 07/02/2023.

Manfaat olahraga Zumba

Dilansir dari Everydayhealth.com, zumba merupakan olahraga aerobik dengan tarian yang menggerakkan seluruh anggota tubuh. Zumba menjadi olahraga yang sangat baik untuk membantu membangun stamina, membakar kalori, meningkatkan kualitas kesehatan fisik, dan mental secara keseluruhan.

Menurut Denada, menjalani zumba secara rutin atau konsisten dapat meminimalisir risiko terkena penyakit kanker. Aktivitas zumba juga cukup menyenangkan sehingga dapat meningkatan kualitas mental yang lebih baik serta mempererat hubungan sosial dengan sesama peserta di dalam kelas zumba.

"Sambil bersenang-senang, gerakan-gerakannya juga dapat membakar kalori dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan kardio dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan dan membakar 300 hingga 900 kalori dalam tubuh. Manfaat zumba akan sangat terasa jika dilakukan secara rutin," ujar Denada.

 

Zumba Bikin Lebih Aktif dan Bahagia

Sementara itu, Willy Wanta seorang instruktur zumba sekaligus dokter juga mengatakan bahwa zumba membuatnya sehat dan bahagia hingga saat ini. Sebagai seorang penyintas kanker darah sejak 2021, Willy sangat paham bagaimana tantangan yang dihadapi oleh para pejuang kanker untuk bisa sembuh. Menurutnya, untuk bisa sembuh dari berbagai penyakit harus dimulai dari menjaga kondisi pikiran dan hati. 

“Saya belum mengenal zumba saat sakit dan menjalani kemoterapi. Tetapi, di tahun 2018 saya mulai mengenal Zumba dan hingga saat ini. Zumba menjadi salah satu jalan bagi saya untuk tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Selain itu, zumba membuat saya menjadi lebih aktif dan bahagia .Salah satu cara agar daya tahan tubuh kuat adalah dengan olahraga dan manajemen stres, tetap semangat untuk semua para pejuang kanker!” ujar Willy.

Sebagai upaya memulai perjalanan olahraga yang menyenangkan, Denada Tambunan mengajak masyarakat untuk mulai hidup sehat dengan olahraga zumba bersama. Bagi Anda yang ingin mengikutinya, dapat mengunjungi zumba.com untuk menemukan kelas.

 

Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading