Sukses

Health

Studi: Menurunkan Kolesterol Tinggi Bermanfaat Mencegah Risiko Jantung

Fimela.com, Jakarta Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling berbahaya dan mematikan di dunia. Salah satu penyebab jantung, adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Selama ini, studi nenemukan jika tinggi kolesterol dalam tubuh erat kaitannya dengan peningkatan berbagai risiko penyakit mematikan lainnya seperti kanker, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. 

Kebiasaan makan makanan cepat saji, konsumsi makanan dan minuman manis, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol hingga kelebihan berat badan, kurang gerak, pola makan tidak seimbang dan seringnya terpapar asap rokok, membuat produksi kolesterol dalam tubuh meningkat drastis. 

Dengan meningkatkan kolesterol dalam tubuh atau darah, terlebih untuk kolesterol jahat (LDL), ini bisa mengganggu kesehatan tubuh. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Alasan Kolesterol Tinggi Meningkatkan Risiko Jantung

Mengutip dari laman healthline.com, kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah bisa menyebabkan kinerja pembuluh darah terganggu. Kolesterol yang terlalu tinggi, bisa menumpuk di dinding pembuluh darah atau yang disebut arteri. Kondisi ini sering disebut sebagai aterosklerosis. 

Saat arteri tersumbat atau menyempit, alirah darah menuju jantung pun akan tersumbat bahkan terhenti. Kondisi di atas bisa berakibat fatal. Ini mengingat bahwa alirah darah membawa oksigen menuju jantung yang kemudian disebar ke seluruh tubuh. Ketika pasokan oksigen menuju jantung berkurang, seseorang rentan mengalami nyeri dada. 

Nyeri dada adalah gejala yang sering muncul dari risiko jantung. Namun sayangnya, tingginya kolesterol ini sering tidak selalu ditunjukkan dengan gejala. Dalam beberapa kasus, seseorang bisa terkena serangan jantung bahkan tanpa menunjukkan gejala apapun sebelumnya.

Menurunkan Kolesterol Mencegah Risiko Jantung

Untuk memiliki jantung yang lebih sehat, para ahli menyarankan agar kita senantiasa menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk yang terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mencoba untuk menurunkannya. Agar mengetahui pasti berapa kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya lakukan pengecekan kadar kolesterol bersama ahlinya. 

Ada beberapa cara mudah untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Adapun cara tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Aktif bergerak dan melakukan aktivitas. Ini membantu tubuh bekerja secara maksimal. Ini juga membantu peredaran darah dalam tubuh lebih lancar. 
  • Menjaga berat badan. Pasalnya, kenaikan berat badan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan membuat kinerja jantung lebih berat. 
  • Miliki pola makan dan hidup seimbang. Cukupi nutrisi tubuh secara seimbang. Hindari aneka makanan yang memicu kenaikan kolesterol. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan yang menurunkan kolesterol jahat sekaligus memberikan energi lebih ke tubuh. 
  • Stop kebiasaan buruk merokok, konsumsi obat terlarang atau pun konsumsi minuman beralkohol. 
  • Batasi asupan makanan yang tinggi gula dan garam. 

Itulah sekilas mengenai kolesterol dan risiko jantung. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin peduli dengan diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading