Sukses

Health

5 Jenis Olahraga yang Mudah dan Efektif Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Olahraga menjadi salah satu komponen penting dari gaya hidup yang sehat serta terbukti memiliki dampak signifikan pada kadar kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan penumpukan lemak jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis

Dilansir dari Healthline, olahraga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Ada beberapa jenis olahraga yang mudah dilakukan dan dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif. 

Berikut 5 jenis olahraga yang mudah dilakukan serta efektif menurunkan kolesterol tinggi.

1. Rutin berjalan kaki

Dilansir dari Medicalnewstoday.com, berjalan kaki adalah olahraga yang santai tetapi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menurunkan kolesterol. Berjalan kaki juga mudah dilakukan di mana saja, dan yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang nyaman. Berjalan kaki selama 30 menit - 60 menit dalam sehari efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

2. Berlari

Berlari adalah bentuk olahraga yang dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Olahraga lari menjadi cara yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan. Namun, ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah sendi. 

3. Berenang

Berenang merupakan latihan aerobik yang membantu memperkuat jantung dan meminimalisir risiko penyakit kronis. Hal itu karena saat berolahraga semua anggota tubuh bergerak sehingga berdampak baik untuk kesehatan. Olahraga ini mudah dilakukan dan efektif menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, berenang juga dapat memperkuat otot dan sendi. Kamu bisa melakukan olahraga renang selama 30 menit selama tiga kali dalam seminggu secara rutin.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan yang dilakukan di luar ruangan. Bersepeda juga sangat baik untuk meningkatkan detak jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, olahraga bersepeda juga dapat membantu meningkatkan kekuatan kaki dan keseimbangan.

5. Menari

Menari merupakan aktivitas yang menyenangkan. Menari dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Menari menjadi aktivitas olahraga yang tidak membosankan. Selain itu, manfaat lainnya dari menari yaitu dapat meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Demikian olahraga yang mudah dilakukan di rumah dan efektif menurunkan kolesterol jahat. Jangan lupa untuk menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading