Sukses

Health

Cara Mencegah Anemia yang Sering Terjadi Pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Anemia adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berperan vital untuk menjaga suplai nutrisi dan oksigen ke setiap sel, jaringan, dan organ tubuh agar selalu berfungsi baik.

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih banyak terjadi pada perempuan. Beberapa gejala umum yang dirasakan ketika mengalami anemia adalah seperti lemas, cepat lelah dan kulit terlihat pucat. Anemia memang kondisi yang umum terjadi, namun bisa berbahaya kalau tidak segera ditangani.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah anemia.

1. Makan makanan kaya zat besi

Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin di dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah zat yang memberi warna merah dan memungkinkan sel darah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Maka dari itu, memperbanyak makan makanan tinggi zat besi bisa menjadi salah satu upaya pencegahan anemia yang cukup mudah dilakukan. Beberapa makanan yang mengandung zat besi seperti daging tanpa lemak, telur, sayuran hijau, seperti bayam dan sawi, dan sereal yang diperkaya zat besi. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Indonesia, orang dewasa setidaknya butuh 26 mg zat besi per hari untuk mencegah anemia kambuh.

2. Perbanyak konsumsi vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan saraf, membuat DNA, dan berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehat.

Masih mengutip tabel AKG milik Kemenkes, orang dewasa disarankan mencukupi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 2,6 mcg setiap hari sebagai langkah pencegahan anemia. Sumber vitamin B12 bisa kamu dapatkan dari makanan seperti hati sapi dan ayam, kerang laut, ikan, daging, telur, dan susu.

3. Berhenti minum alkohol

Alkohol menyebabkan nutrisi dari makanan lain tidak dapat terserap tubuh dengan baik. Nutrisi yang banyak berkurang karena minum alkohol umumnya adalah vitamin B12 dan folat. Padahal, vitamin B12 dan asam folat sangat berguna untuk memproduksi sel darah merah.

4. Perbanyak makanan mengandung asam folat

Asam folat (vitamin B9) membantu tubuh membuat sel-sel baru, termasuk sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang mati. Itu sebabnya, asam folat menjadi salah satu nutrisi penting untuk mencegah anemia.

Makanan yang mengandung asam folat bisa kamu dapatkan dari sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kacang polong, roti, sereal, nasi, dan pasta.

5. Penuhi kebutuhan vitamin C

Orang dewasa setidaknya butuh 75 mg vitamin C dalam sehari untuk menjaga kesehatan sel darah dan fungsi tubuh lainnya tetap sehat.

Vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi di dalam usus halus. Inilah alasannya orang yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami anemia.

Itulah beberapa cara mencegah anemia agar kamu bisa terhindar dari penyakit yang satu ini. Intinya ada pada jaga pola makanmu dan penuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading