Sukses

Health

10 Manfaat Menakjubkan Minum Air Hangat Secara Rutin

Fimela.com, Jakarta Kita perlu minum air cukup setiap harinya. Para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air setidaknya sebanyak 8 gelas per harinya. Tapi, jumlah ini bisa bertambah atau pun berkurang, tergantung kebutuhan tubuh masing-masing. 

Air yang diminum bisa berupa air dingin atau pun air hangat. Tapi, beberapa ahli menyarankan agar kita mengonsumsi air hangat. Ini mengingat begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi air hangat. 

Mengutip dari laman emedihealth.com, ada sejumlah manfaat menakjubkan dari konsumsi air hangat. Manfaat tersebut mulai dari memperlancar proses pencernaan hingga meningkatkan sistem saraf dalam tubuh. Dan berikut beberapa manfaat lain yang bisa kita dapat.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Studi menemukan jika konsumsi air hangat secara rutin, bisa membantu menurunkan berat badan. Air hangat bermanfaat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat kita minum air hangat, suhu tubuh akan menurun dan proses metabolisme dalam tubuh diaktifkan. 

Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Tubuh yang sehat bisa didapat dengan sistem peredaran darah yang lancar. Untuk mendapatkan sistem peredaran darah yang lancar, para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi air hangat secara rutin.

Mengatasi Stres

Menumpuknya pekerjaan dan adanya berbagai masalah, tidak jarang hal ini rentan bikin stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi air hangat secara rutin. Minum air hangat juga sebagai salah satu langkah untuk menghidrasi tubuh secara lebih baik.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Minum air hangat bisa bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Penelitian menemukan jika air hangat bermanfaat menyehatkan pencernaan. Air hangat bisa mempermudah proses pengeluaran zat feses. Ini juga melancarkan keluarnya air seni.

Mengatasi Rasa Nyeri

Air hangat dipercaya bisa melemaskan otot-otot dalam tubuh. Ini kemudian membuat tubuh terasa lebih nyaman. Melemasnya otot dalam tubuh juga bermanfaat mengatasi rasa nyeri tubuh dan nyeri kram perut. Selain itu, ibu hamil juga disarankan minum air hangat demi memperlancar sistem pencernaan. 

Meredakan Iritasi Radang Tenggorokan

Jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan, redakan dan atasi dengan konsumsi air hangat secara rutin. Dibandingkan konsumsi air dingin, konsumsi air hangat bisa meredakan sakit atau nyeri di area belakang mulut dan tenggorokan.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah hidung tersumbat, cobalah untuk rutin konsumsi air hangat. Air hangat bermanfaat mengatasi hidung tersumbat dan melegakan sistem pernafasan. Ini juga bermanfaat mengatasi masalah sakit flu dan batuk. 

Meningkatkan Fungsi Saraf Tubuh

Penelitian menemukan jika konsumsi air hangat secara rutin bisa bantu menghidrasi tubuh dengan baik. Hal ini kemudian membantu meningkatkan fungsi sistem saraf. Saat sistem saraf bekerja lebih baik, kamu bisa merasa lebih tenang, bahagia dan nyaman.

Mengurangi Racun dalam Tubuh

Salah satu cara untuk mengurangi racun dan zat berbahaya dalam tubuh adalah minum. Minum air hangat sendiri bisa bantu meningkatkan suhu internal tubuh, mengaktifkan sistem endokrin dan mengeluarkan racun dalam bentuk keringat pun air seni. 

Mengatasi Sembelit

Air hangat bermanfaat mengatasi sembelit. Air hangat bisa melancarkan sistem pencernaan dan melancarkan pergerakan feses di dalam usus. 

Itulah sekian manfaat menakjubkan dari minum air hangat secara rutin. Yuk Sahabat Fimela, makin rajin dan rutin konsumsi air terutama air hangat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading